get app
inews
Aa Read Next : Bulu di Tubuhnya Tumbuh Sangat Lebat, Wanita India Harus Menjalani Hari-hari yang Berat

Ada Es Bernyanyi Bahkan Air Terjun Darah, Simak Fenomena Misterius yang Ada di Benua Antartika

Selasa, 07 Juni 2022 | 07:53 WIB
header img
Benua Antartika,( Foto : Reuters)

JAKARTA,iNews.id - Benua Antartika (Kutub Selatan) menyimpan berbagai fenomena misterius, mulai dari air terjun darah hingga tanda yang dianggap sebagai lokasi pendaratan UFO.

Disadur dari History, Senin (6/6/2022), sekitar 90 juta tahun yang lalu Antartika adalah rumah bagi hutan hujan tropis yang luas dengan segala macam flora dan fauna eksotis.
Namun, semuanya berubah setelah Zaman Es melanda dan menjadi tundra seperti sekarang. Dengan luas daratan 13,7 juta kilometer persegi, yang sebagian besar tertutup es dan salju sepanjang tahun, ada banyak misteri yang mengintai di Antartika.

Diketahui, sedikitnya ada delapan fenomena misterius yang ada di benua Antartika, apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Air Terjun Darah (Blood Falls)

'Blood Falls' adalah nama yang tepat untuk cairan merah mengerikan yang keluar dari sisi Gletser Taylor, yang pertama kali ditemukan oleh ahli geologi Griffith Taylor lebih dari 100 tahun yang lalu.

Penyebab kejadian yang mengejutkan itu membuat para ilmuwan bingung untuk waktu yang lama. Taylor sendiri menyimpulkan bahwa itu karena ganggang merah.

Namun, sekarang diketahui itu adalah cairan asin kaya zat besi yang terbentuk di bawah gletser. Air membeku saat mencapai permukaan, tetapi cairan merah ini memiliki suhu beku yang jauh lebih rendah karena kandungan garamnya yang tinggi.


2. Es Bernyayi (Singing Ice)

Lapisan es terbesar Antartika, yakni sepotong es mengambang seukuran negara Prancis yang terhubung ke daratan, memiliki cara yang menakutkan untuk berkomunikasi dengan para penjelajah.

Permukaan Lapisan Es Ross yang kasar mengeluarkan dengungan nada rendah yang hampir terus menerus saat angin melintas.

Getarannya terlalu rendah untuk didengar oleh telinga manusia tetapi rekaman yang dipercepat mengungkapkan suara misterius es.

Suaranya disamakan dengan didgeridoo dan pertama kali terdengar pada tahun 2018.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut