get app
inews
Aa Read Next : Ada Es Bernyanyi Bahkan Air Terjun Darah, Simak Fenomena Misterius yang Ada di Benua Antartika

Matahari Terbit Hanya Sekali Dalam Setahun, Simak Fakta Menarik Antartika Lainnya

Jum'at, 29 Juli 2022 | 06:58 WIB
header img
Fakta menarik Antartika, (Foto : Nature)

JAKARTA,iNews.id - Dengan hampir seluruh wilayahnya tertutupi es dengan ketebalan mencapai 1 km, Antartika adalah benua terdingin di muka Bumi.

Suhu dingin yang ekstrem di Antartika sulit terbayangkan. Tetapi, luar biasanya ada sekelompok hewan yang mampu beradaptasi dengan dinginnya Antartika.

Hal menarik soal Antartika bukan hanya itu. Dikutip dari YouTube iNews Variety Show, Jumat (22/7/2022), berikut 6 fakta menarik Antartika yang harus Anda ketahui. Apa saja?

1. Benua terbesar kelima di Bumi

Antartika merupakan benua terbesar kelima di Bumi. Luas antartika kurang lebih 14 juta km persegi atau hampir sama dengan luas Amerika Serikat dan 2 kali lipat Benua Australia.

Benua Antartika adalah benua tanpa negara dan pemerintahan. Ada beberapa negara yang masuk dalam benua ini, tapi negara itu dipakai hanya untuk penelitian ilmiah.

2. Suhu rata-rata tahunan -57 derajat celcius

Di benua Antartika, suhu rata-rata tahunannya itu -57 derajat celcius. Tapi, sejarah mencatat benua Antartika pernah mencapai suhu terekstrim yaitu -90 derajat celcius. Bisa terbayang betapa dinginnya wilayah tersebut?

Mau tahu berapa suhu terpanas di benua Antartika? Menurut beberapa laporan, suhu terpanas Antartika itu 15 derajat celcius.

Angin di Antartika juga ekstrem. Jika biasanya kecepatan angin itu bergerak sekitar 18 km per jam, tapi di sini angin bisa bergerak 320 km per jam.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut