get app
inews
Aa Read Next : Terlihat Sedih, Presiden Vladimir Putin Rayakan Natal Ortodoks Sendirian

Putin Kecam Kasus Pembakaran Al-Quran dan Islamophobia Ketika Dunia Barat Bungkam

Kamis, 21 April 2022 | 03:09 WIB
header img
Presiden Vladimir Putin kecam aksi Islamphobia yang menyakiti umat Islam, (Foto : Reuters)

Menyusul aksi pembakaran Alquran di Kota Malmo pada Agustus 2020, jaksa Swedia memutuskan bahwa tindakan tersebut bukanlah merupakan bentuk pelanggaran hukum. Sementara Presiden Prancis Emmanuel Macron menyebut karikatur yang menghina Nabi Muhammad sebagai bentuk kebebasan berekspresi.

Sikap negara-negara Barat terhadap tindakan-tindakan Islamophobia ini menimbulkan kekecewaan di negara mayoritas Muslim, termasuk Indonesia.

Namun, sikap berbeda ditunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin yang mendukung toleransi beragama. Dia menolak menyebut aksi Islamophobia seperti karikatur mengejek Nabi Muhammad sebagai kebebasan berkekspresi, mengatakan aksi seperti itu hanya akan memicu konflik, terutama dari kaum ekstremis.

Sikap ini disuarakan Putin dalam konferensi pers tahunannya pada Desember 2021 dimana dia menegaskan bahwa menghina Nabi Muhammad adalah pelanggaran kebebasan dan hanya menyakiti perasaan umat Islam.

Diwartakan kantor berita TASS, Putin juga mengatakan bahwa Rusia adalah negara multietnis dan warganya menghormati tradisi dan kepercayaan satu sama lainnya.

Kerusuhan yang pecah di Swedia menyebabkan 40 orang di sejumlah kota, termasuk Norrkoping, Linkoping dan Malmo, terluka. Ironisnya insiden ini bermula dari aksi pembakaran Alquran yang didalangi orang yang sama: Rasmus Paludan.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut