get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Miyaningsih, Sekolahkan Anaknya Sampai jadi TNI Hanya dari Berjualan Gula Jawa

Kisah Orang Tua K.H Hasyim Asyari, Demi Dapatkan Anak Sholeh Lakukan Puasa Selama 3 Tahun

Senin, 04 April 2022 | 16:13 WIB
header img
Makam Kiai Asyari dan Siti Halimah orang tua K.H Hasyim Asy'ari

JOMBANG,iNews.id - Makam Kiai Asyari yang merupakan orang tua dari KH Hasyim Asyari sang pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang terletak di Desa Keras, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ramai dikunjungi peziarah.

Kompleks pemakaman ini berjarak 2 Km dari Pondok Pesantren Tebuireng. Tampak rombongan peziarah melantunkan salawat di makam Kiai Asyari dan Nyai Halimah. Mereka terlihat khusyuk memanjakan doa dan minta barokah. 

Cucu Kiai Asyari, keponakan KH Hasyim Asyari, KH Ghobib Sulhi mengatakan, Kiai Asyari lahir pada 1830 di Tingkir Demak, Jawa Tengah. Dia adalah keturunan dari Jaka Tingkir alias Sultan Hadiwijaya, Raja Pajang.

Pada 1851, Kiai Asyari berguru kepada Kiai Usman di Pondok Pesantren Tambak Beras Jombang. Karena kecerdasan dan akhlaknya yang bagus, dia akhirnya diambil menantu oleh Kiai Usman dan dinikahkan dengan putrinya Halimah. 

"Suatu hari Kiai Usman kedatangan dua orang perangkat dari Desa Keras yang mengadukan kondisi sebagian wilayahnya angker. Kepada Kiai Usman, mereka minta dikirimkan santri," katanya, Senin (4/3/2022).

Atas perintah Kiai Usman, Kiai Asyari diperintahkan membawa istrinya tinggal di Desa Keras. 

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut