get app
inews
Aa Read Next : Madrasah Diniyah Pagar Betis NKRI

Lakpesdam NU Salatiga Kembangkan Jurnal NU Studies, Gus Ulil: Bisa Masuk Sinta 1

Selasa, 29 Maret 2022 | 13:11 WIB
header img
Pengurus Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) NU Salatiga merintis sebuah jurnal ilmiah yang diberi nama: Journal of Nahdlatul Ulama Studies (JNUS). (Foto: Dok/Tangkapan Layar JNUS)

SALATIGA, iNews.id - Penelitian dan kajian ilmiah tentang ke-NU-an dapat dikatakan masih minim dan jarang dilakukan. Hal demikian menyebabkan promosi nilai-nilai ke-NU-an belum bisa berbicara banyak di mimbar-mimbar akademik, baik nasional maupun internasional.

Hal itulah yang memotivasi pengurus Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) NU Salatiga untuk merintis sebuah jurnal ilmiah yang diberi nama: Journal of Nahdlatul Ulama Studies (JNUS).

Dikutip dari laman website http://jnus.lakpesdamsalatiga.or.id, JNUS memiliki edisi terbitan dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Januari dan Juli.

“Fokus dan scope JNUS memuat semua tema yang berkaitan dengan NU. NU itu sendiri bisa diprotret dari berbagai perspektif, diantaranya hukum, fiqh, sejarah, politik, budaya, pendidikan, ideologi, pesantren, komunikasi, ekonomi dan disiplin ilmu lainnya. Selain itu, juga tentang kajian pemikiran tokoh NU dan perspektif lain yang terkait dengan NU,” ungkap Dr. Ilyya Muhsin, M.Si. selaku Ketua Lakpesdam NU Salatiga.

Doktor lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini juga menuturkan, “Saat ini JNUS telah menerbitkan lima edisi sejak tahun tahun 2020. Kami siap menerima artikel ilmiah hasil karya dari para kyai, ulama, dan warga Nahdliyin seluruh Indonesia bahkan dari PCINU (Pengurus Cabang Istimewa NU) berbagai negara,” tandas Ilyya.

Saat dikonfirmasi oleh Ahmad Faidi selaku Managing Editor JNUS, Gus Ulil Abshar Abdalla yang beberapa waktu lalu dilantik sebagai Ketua Umum Lakpesdam PBNU menyambut baik pengembangan intelektual melalui jurnal yang dilakukan oleh Lakpesdam NU Salatiga. Lewat sambungan whatsapp, Gus Ulil menyampaikan, “Saya senang, Lakpesdam NU Salatiga mengembangkan kekhususan di bidang jurnal ilmiah. Diperkuat di sana, dan ditingkatkan lagi sehingga pelan-pelan bisa masuk Sinta 1 suatu saat,” harap Gus Ulil.

“Beberapa waktu yang lalu, Lakpesdam NU Salatiga mendapatkan penghargaan Lakpesdam Award dari Lakpesdam PBNU berkat keberhasilannya merintis dan mengembangkan Journal of Nahdlatul Ulama Studies (JNUS) sebagai sarana publikasi gagasan dan kajian seputar NU. Dan Alhamdulillah saat ini kami mendapatkan apresiasi juga dari Gus Ulil. Hal ini memberikan motivasi tersendiri kepada kami untuk fokus mengembangkan JNUS,” terang Faidi.

“Saat ini JNUS sedang proses akreditasi SINTA, karena itu kami berharap do’a dan dukungan dari berbagai pihak demi kemajuan JNUS. Bentuk dukungan tersebut dapat berupa kunjungan ke website kami, maupun dengan mengirimkan artikel ilmiah kepada kami,” pungkas Faidi.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut