get app
inews
Aa Read Next : Muslimat NU Kota Salatiga Peringati Harlah ke-78 di Student Center UIN Salatiga

Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah, Mahasiswa UIN Salatiga Siap Publikasikan Banyak Karya

Rabu, 01 Maret 2023 | 14:20 WIB
header img
Forum Mahasiswa Magister Hukum Keluarga Islam UIN Salatiga menggelar pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah, (Foto : Ist)

SALATIGA,iNewsSalatiga.id - Forum Mahasiswa Magister Hukum Keluarga Islam menggelar pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah pada Sabtu (25/2/2023) di Ruang Rapat Gedung Ahmad Dahlan kampus 3 UIN Salatiga. Hal ini merupakan inisiasi luar biasa dari akademik pascasarjana UIN Salatiga untuk memberikan fasilitas dan support kepada mahasiswa terutama dalam bidang penulisan. Peserta dalam pelatihan penulisan ini berasal dari internal UIN Salatiga dan dari ekstermal diluar UIN Salatiga.

Pelatihan penulisan jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi para Mahasiswa Program Studi Magister HKI untuk menembus jurnal bereputasi sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas. Sebagaimana Tridarma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian.  Maka pelatihan penulisan merupakan instrumen sebagai bekal untuk menjadi peneliti yang mampu mensosialisasikan dalam bentuk publikasi karya tulis ilmiah. Tujuan publikasi juga diberlakukan sebagai syarat kelulusan mahasiswa yang akan lulus Program Magister. Maka peserta sangat  antusias untuk hadir dan mengikuti pelatihan penulisan ini.

Antusias peserta atas komitmen pelatihan begitu luar biasa, peserta full time mengikuti serangkaian acara dari pukul 08.00 hingga 15.30 WIB. Mengingat pentingnya skill dalam kepenulisan, penyelenggara mengundang TIM Ijtihad UIN Salatiga untuk menjadi pemateri sekaligus mentor pelatihan penulisan jurnal ilmiah dalam 3 sesi pembahasan selama pelatihan berlangsung.

Pelatihan ini langsung dipandu oleh Tim Ijtihad, selain Ijtihad merupakan Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan yang telah terindeks Internasional Scopus dan terakreditasi Sinta 1. Ijtihad memiliki tim solid yang prefer dalam kepakaran dibidang penulisan karya ilmiah, mereka ialah Prof. Dr. Ilyya Muhsin, M.Si (Editorial Board), Dr. M. Choirul Huda, MH (Editor in Chief), dan Endang Sriani, MH (Managing Editor).

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut