get app
inews
Aa Read Next : Simak Doa Nisfu Sa'ban Lengkap Beserta Arti dan Terjemah Latinnya

Ringan Dilakukan Namun Menambah Timbangan Pahala, Simak Amalannya

Sabtu, 19 Maret 2022 | 05:00 WIB
header img
Amalan ringan yang bisa dilakukan namun mendatangkan pahala besar, (Foto:Shutterstock)

Tidak selamanya amalan yang ringan mendatangkan pahala yang sedikit, ada beberapa amalan yang ringan dilakukan namun dapat dapat memberatkan timbangan amalan kebaikan di akhirat karena nilainya besar.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun menganjurkan kepada umatnya agar selalu mengamalkan hal-hal kecil yang tentunya berpahala. Allah Subhanahu wa ta'ala pun mencintai orang-orang yang menjalankan amalan di hari-harinya.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

أحبُّ الناسِ إلى اللهِ تعالى أنفعُهم للناسِ وأحبُّ الأعمالِ إلى اللهِ عزَّ وجلَّ سرورٌ يُدخلُه على مسلمٍ أو يكشفُ عنه كُربةً أو يقضي عنه دَينًا أو يطردُ عنه جوعًا ولأن أمشيَ مع أخٍ في حاجةٍ أحبُّ إليَّ من أن أعتكفَ في هذا المسجدِ ( يعني مسجدَ المدينةِ ) شهرًا ومن كفَّ غضبَه ستر اللهُ عورتَه ومن كظم غيظَه ولو شاء أن يمضيَه أمضاه ملأ اللهُ قلبَه رجاءَ يومِ القيامةِ ومن مشى مع أخيه في حاجةٍ حتى تتهيأَ له أثبت اللهُ قدمَه يومَ تزولُ الأقدامُ

Artinya: "Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling bermanfaat untuk manusia. Dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kegembiraan yang engkau masukan ke hati seorang mukmin, atau engkau hilangkan salah satu kesusahannya, atau engkau membayarkan utangnya, atau engkau hilangkan kelaparannya. Dan aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi kebutuhannya itu lebih aku cintai daripada beriktikaf di Masjid Nabawi selama sebulan lamanya. Dan siapa yang menahan marahnya maka Allah akan tutupi auratnya. Barang siapa yang menahan marahnya padahal ia bisa menumpahkannya, maka Allah akan penuhi hatinya dengan keridhaan di hari kiamat. Dan barang siapa berjalan bersama saudaranya sampai ia memenuhi kebutuhannya, maka Allah akan mengukuhkan kedua kakinya di hari ketika banyak kaki-kaki terpeleset ke api neraka." (HR Ath-Thabrani 6/139, dishahihkan Syekh Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 2/575)

Setidaknya ada delapan amalan ringan yang memiliki pahala besar. Setiap Muslim pun tidak akan kesulitan menjalankannya.

1. Mendoakan kebaikan untuk orang lain

"Tidak ada seorang Muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama Muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, 'Dan bagimu juga kebaikan yang sama'," (HR Muslim Nomor 4912)

Mendoakan kebaikan kepada sesama Muslim memiliki keutamaan yang sangat besar. Seperti diterangkan dalam hadis tersebut, malaikat akan mencatat segala amal kebaikan manusia yang juga melakukan hal serupa.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut