get app
inews
Aa Read Next : Sri Mulyani: Alumni Penerima Beasiswa LPDP Diminta Jangan Lupa Pulang

Laju Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Membaik, Penerimaan Negara Naik 55 Persen

Kamis, 17 Maret 2022 | 06:56 WIB
header img
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Dok/iNews)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan realisasi penerimaan negara mencapai Rp156 triliun per 31 Januari 2022. Artinya, angka tersebut melonjak 55 persen dibandingkan Rp100,7 triliun pada periode sama tahun lalu.

“Di tahun 2022, kita melihat awal yang baik di bulan Januari, di mana penerimaan negara bulan Januari benar-benar melonjak ke hampir 55 persen,” ungkap Sri Mulyani, pada Indonesia Conference 2022 Fitch on Indonesia “Exit Strategy after the Pandemic”, di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Dia menjelaskan, pertumbuhan penerimaan negara tidak hanya semata-mata dari penerimaan komoditas, mekainkan juga dari penerimaan pajak, baik Pajak Penghasilan, maupun Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

“Ini semua cukup menggembirakan dan menunjukkan laju pemulihan ekonomi,” kata Sri Mulyani.

Dia mengungkapkan, banyak sisi lain yang menarik dari penerimaan negara. Jika melihat dari sisi sektoral, sektor perdagangan yang sensitif terhadap pandemi justru menguat berkontribusi pada penerimaan negara tahun 2022.

“Jadi ini sebenarnya menunjukkan proses pemulihan yang tangguh dan kuat secara menyeluruh untuk banyak sektor dalam perekonomian Indonesia dan juga seluruh pendapatan penerimaan pajak,” tutur Sri Mulyani.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut