get app
inews
Aa Read Next : Fatwa Jihad Mufti Chechnya Lawan Ukraina dan Nato dalam Perang Rusia - Ukraina

Pendukung Rusia Lawan Ukraina , Presiden Chechnya Ternyata Hafiz Quran dan Muslim Taat

Kamis, 10 Maret 2022 | 17:00 WIB
header img
Ribuan pasukan muslim Chechnya dukung invansi Rusia, (Foto:Reuters)

Ketika Invasi Rusia ke Ukraina dilangsungkan Masyarakat dunia digemparkan oleh kehadiran ribuan pasukan negara muslim Chechnya yang berangkat mendukung invansi Rusia.

Sebanyak 12 ribu tentara Muslim Chechnya berkumpul dan meneriakkan takbir di alun-alun ibu kota regional Grozny sebelum sebelum berangkat ke Ukraina untuk membantu pasukan Rusia. Lantas, siapakah Republik Chechnya, negara mayoritas Muslim yang menjadi sekutu Rusia ini?

Dikutip dari kanal YouTube Tawaf TV, Chechnya merupakan negara republik otonom, bagian dari Federasi Rusia. Letaknya berada di bagian timur Kaukasus Utara yang berbatasan dengan Ossetia Utara dan Ingushetia di bagian barat, Stavropol Krai di bagian Utara, Dagestan di Bagian Timur, dan Georgia di bagian Selatan.

Rusia mengklaim Chechnya sebagai bagian dari negaranya setelah berhasil menginvasi wilayah Kaukasus pada abad ke-18.

Luas negara Chechnya mencapai 17.300 kilometer persegi atau sedikit lebih luas dari Provinsi Sulawesi Barat. Sistem pemerintahan Chechnya adalah parlemen dan dipimpin oleh presiden yang dilantik Presiden Rusia.

Sebanyak 95 persen warga dari negara berpenduduk 1,5 juta jiwa ini merupakan pemeluk agama Islam. Dikarenakan dihuni mayoritas Muslim yang memegang teguh hukum dan tradisi Islam, maka di Chechnya tidak ada minuman beralkohol dan rokok, baik di restoran maupun hotel mewah.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut