get app
inews
Aa Read Next : Pertemuan Zelensky-Jokowi: Indonesia Diharap Damaikan Ukraina-Rusia

Perjuangan WNI Hindari Daerah Perang di Ukraina, 4 WNI Masih Tertahan di Kota Lyviv

Jum'at, 04 Maret 2022 | 05:01 WIB
header img
Puluhan WNI Ukraina berhasil dipulangkan ke Indonesia, (Foto/Isty Maulidya)

TANGERANG,iNews - Rombongan WNI dari Ukraina dapat kembali ke Negara Indonesia dengan selamat, Melalui Bandara Soekarno total 80 WNI dan 3 WNA berhasil pulang ke Indonesia pada Kamis (3/3/2022). Namun belum semua WNI dapat pulang ke Indonesia, masih ada 4 WNI yang berada di Ukraina, sedangkan 14 WNI telah berada di Bukares, Romania.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, 4 WNI itu sebelumnya berada di Kota Karkiev dan berhasil tiba di Kota Lyviv, Ukraina. Pertempuran antara Rusia dan Ukraina diketahui masih terjadi di Karikiev.

"Hari ini terdapat 4 WNI di Karkiev sudah dapat keluar dari Karkiev dan tiba di Lyviv dengan selamat," ungkap Retno, di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis (3/3/2022).

Retno menambahkan bahwa para WNI itu keluar dari Kota Karkiev melalui perjalanan yang tidak mudah. Mereka harus melalui berbagai proses pemeriksaan di tengah jam malam yang sangat ketat. Mereka juga harus melanjutkan perjalanan ke Romania dengan menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 12 jam. 

"Mereka akan dibawa ke Polandia untuk tes kesehatan. Kami akan terus berupaya melakukan evakuasi," katanya.

Sementara itu, untuk 14 WNI yang masih berada di Bukares, Romania akan segera dipulangkan begitu keadaan memungkinkan. 12 WNI di antaranya dinyatakan positif Covid-19, sementara 2 lainnya memilih menetap untuk menemani keluarganya yang positif Covid-19.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut