get app
inews
Aa Read Next : Breaking News! Kasus Covid-19 Bertambah 254 Kasus per Hari Ini

Mirip Varian Delta, Bagaimana Gejala Anak Terkena Omicron?

Selasa, 01 Maret 2022 | 10:43 WIB
header img
Son Of Omicron, yang kemampuan berkembangnya mirip delta,(Foto/Shutterstock)

Di sisi lain, menurut pengamatan dr Tonang, di Jakarta apabila diambil rata-rata kasus mingguan maka puncaknya terjadi 10 Februari lalu, lalu diikuti penurunan angka kematian pada 20 Februari. Apabila polanya seperti ini, maka angka kematian akan ikut turun atau melandai beberapa pekan setelah kasus konfirmasi harian menurun juga.

“Tapi secara keseluruhan kita berharap periode ini segera mencapai puncak dan segera turun agar Ramadan tahun ini kita tidak terjebak lagi dengan polemik sholat tarawih maupun lebaran yang dua tahun ini jadi terganjal akibat Covid-19,” ujarnya.

Masyarakat juga perlu mengetahui beberapa hal untuk menghadapi periode Omicron. Situasinya tidak berbeda jauh dengan cara-cara yang sudah dilakukan saat menghadapi gelombang Delta.

Apabila timbul gejala, maka saat itu juga kita harus periksa (testing) PCR/Antigen. Saat hasilnya negatif, maka jangan langsung senang dahulu, tunggu dua hari lagi untuk memastikan kembali melalui tes PCR/Antigen apakah benar-benar negatif atau tidak. Apabila kontak erat, maka dilakukan tes PCR/Antigen pada awalnya (entry test). Baik hasilnya positif maupun negatif, kontak erat harus melakukan karantina 5 hari.

"Di hari kelima kita ulang kembali tes kedua (exit test). Apabila hasil exit test negatif, maka karantina dianggap selesai,” jelas dr Tonang.

Dari hal ini, ia sangat berharap bahwa masyarakat yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis satu hingga booster jumlahnya semakin banyak. Dengan banyaknya yang mendapat kekebalan alami, varian virus ini tidak akan berkembang lebih jauh lagi.
 

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut