get app
inews
Aa Read Next : Gunung Merapi Meletus, Daftar Lokasi yang Berpotensi jadi Jalur Wedus Gembel

Berstatus Siaga, Gunung Merapi Alami Ratusan Gempa Guguran

Kamis, 17 Februari 2022 | 13:36 WIB
header img
Gunung Merapi, ( Foto/istimewa)

YOGYAKARTA,iNews.id - Gunung Merapi kembali lakukan aktivitas vulkanik. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melakukan pengamatan terhadap Gunung Merapi pada Rabu 16 Februari 2022 pukul 00.00-24.00 WIB. BPPTKG menyatakan Gunung Merapi mengalami 128 kali gempa guguran selama periode tersebut.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyebutkan selain gempa guguran, pada periode pengamatan itu juga tercatat 17 kali gempa hibrid atau fase banyak, tiga kali gempa embusan, delapan kali gempa vulkanik dangkal, dan satu kali gempa tektonik.
Berdasarkan pengamatan visual, tampak asap berwarna putih keluar dari Gunung Merapi dengan intensitas sedang dan tebal dengan ketinggian sekitar 100 meter di atas puncak.

Pada periode pengamatan itu, tercatat lima kali guguran lava pijar keluar dari gunung itu dengan jarak luncur maksimum 1.800 meter ke arah barat daya.

Deformasi atau perubahan bentuk tubuh Merapi yang dipantau BPPTKG menggunakan electronic distance measurement (EDM) pada 16 Februari 2022, menunjukkan laju pemendekan jarak rata-rata 0,4 cm dalam tiga hari.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut