get app
inews
Aa Read Next : Gunung Merapi Meletus, Daftar Lokasi yang Berpotensi jadi Jalur Wedus Gembel

Cerita Mistis, Pertarungan Empu Sakti Lawan Dewa Ciptakan Gunung Merapi

Kamis, 04 Agustus 2022 | 12:25 WIB
header img
Gunung Merapi, (Foto : Antara)

JAKARTA,iNews.id - Berbicara masalah cerita mistis gunung, Gunung Merapi salah satu yang memiliki banyak cerita mistis. Gunung dengan ketinggian 2.968 mdpl yang berada di bagian tengah Pulau Jawa ini salah satu gunung berapi yang teraktif di Indonesia.

Gunung yang tinggi dan berkawah kerap menimbulkan kesan seram dan angker. Terlebih, jika gunung tersebut mengeluarkan asap dan memuntahkan material panas, menimbulkan ketakutan bagi warga yang tinggal di sekitar.

Yang menarik, warga di sekitar gunung berapi selalu punya cerita tentang gunung tersebut. Entah itu cerita tentang asal-usul nama gunung pun tentang terbentuknya gunung tersebut. Ada kisah legenda, juga ada kisah yang bersifat mitstis. Gunung Merapi terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Namun secara administratif lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara.

Sejak tahun 2004, kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Mengenai letaknya yang berada di tengah Pulau Jawa, ternyata ada ceritanya, yang konon punya kaitansangat erat dengan laut selatan Jawa.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut