get app
inews
Aa Read Next : Cerita Mistis, Pertarungan Empu Sakti Lawan Dewa Ciptakan Gunung Merapi

Gunung Merapi Meletus, Daftar Lokasi yang Berpotensi jadi Jalur Wedus Gembel

Sabtu, 11 Maret 2023 | 14:49 WIB
header img
Gunung Merapi erupsi, beberapa lokasi yang berpotensi menjadi jalur wedus gembel, (Foto : Okezone)

YOGYAKARTA,iNewsSalatiga.id - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Tehnologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan gunung Merapi kembali memuntahkan wedus gembel hari Sabtu (11/3/2023) siang pukul 12.12 WIB.

Semburan awan panas tersebut mengarah ke Kali Bebeng atau Krasak. "Saat ini erupsi masih berlangsung," kata Kepala BPPTKG Agus Budi Santosa, Sabtu siang.

Agus menambahkan bahwa dengan erupsinya gunung merapi ini muncul potensi bahaya berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km. Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km.

"Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak,"kata dia.

Masyarakat Dihimbau agar tidak melakukan aktivitas di daerah yang sudah menjadi potensi bahaya tersebut.Masyarakat agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul " Breaking News, Gunung Merapi Luncurkan Wedus Gembel ", Klik untuk baca: https://yogya.inews.id/berita/breaking-news-gunung-merapi-luncurkan-wedus-gembel/all.
 

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut