get app
inews
Aa Read Next : Muslimat NU Kota Salatiga Peringati Harlah ke-78 di Student Center UIN Salatiga

LDK UIN Salatiga Resmikan Anggota Baru Melalui IBTIDA', Simak Keseruannya!

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 11:36 WIB
header img
LDK UIN Salatiga mengadakan Ibtida'

Alhamdulillah telah terlaksana Ikatan Bina Tali Ukhuwah dalam Titah Dakwah (IBTIDA') pada Jumat 20 Oktober 2023 hingga Sabtu 21 Oktober 2023 bertempat di Kantor Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Acara ini mengusung tema Nasionaliskan Rasa, Karsa dan Ada dalam Moderat Berdakwah dengan diikuti oleh 109 peserta. Ibtida' sendiri merupakan gerbang awal para calon anggota LDK untuk menjadi bagian dari keanggotaan LDK. Sebelumnya, juga telah dilaksanakan bincang offline yang diadakan di kampus 1 UIN Salatiga pada hari Minggu, 15 Oktober 2023. Bincang offline sendiri merupakan bagian dari rangkaian acara Ibtida', bincang offline diselenggarakan untuk sekilas membahas mengenai apa itu LDK dan juga sebagai acara seleksi atau screening untuk para calon anggota LDK. 

Dalam sambutan Sohib Ahmad Syaifuddin selaku ketua umum LDK UIN Salatiga menyampaikan "Langkah awal Ibtida' ini merupakan gerak yang bertujuan untuk melakukan perubahan dan pengembangan pada diri guna membawa kita menjadi lebih aktif kreatif dan semakin kompeten tujuan diadakannya ibtida' ini adalah sebagai upaya untuk mewadahi dan membina calon anggota LDK UIN Salatiga yang ingin berproses dalam bidang dakwah baik kaitannya dalam pembekalan pengembangan skills atau keterampilan dan pengimplementasikan ilmu kedakwahan secara langsung maupun tidak langsung yang dilakukan secara konsisten dan komprehensif di dalam kampus maupun masyarakat luas sebagaimana visi misi LDK UIN Salatiga. Selain itu adanya Ibtida' ini juga guna terus melahirkan kader-kader dakwah kampus UIN Salatiga yang unggul progresif dan berintegritas yang terus eksis dalam peradaban dakwah Islam di nusantara", begitu kurang lebihnya.

Sedangkan, dalam sambutan ketua panitia yaitu sohibah Laelatul Maulida menyampaikan "Harapannya dengan diadakan Ibtida' 2023 ini dapat mencetak kader-kader dai muda dan yang bisa mengabdi untuk masyarakat nantinya". Begitu kurang lebih yang disampaikan oleh sohibah Laela.

Di dalam acara Ibtida' sendiri para calon anggota LDK dibekali dengan ilmu-ilmu diantaranya ialah materi mengenai Ke-Indonesiaan yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Hendro, S.Pd., M.Pd lalu materi kedua yang membahas mengenai Aswaja yang sampaikan oleh Ibu Rina Asih Handayani M.Pd dan materi terakhir yang membahas mengenai LDK dan Keorganisasian yang disampaikan oleh Bapak M.Fauzil 'Adzim M.Pd. dengan materi-materi tersebut calon anggota LDK dapat memiliki bekal yang nantinya diterapkan saat telah menjadi bagian dari LDK UIN Salatiga. Setelah penyampaian materi usai dilanjutkan dengan pentas kelompok atau inagurasi sebagai ajang penampilan kreativitas para calon anggota LDK UIN Salatiga. Setelah itu para calon anggota LDK istirahat dan dilanjutkan sholat tahajud berjamaah ,renungan dan pembaiatan pada dini hari.

Maka dari itu, pada hari Sabtu 21 Oktober 2023  resmilah 109 peserta ibtida' sebagai bagian dari anggota LDK UIN Salatiga. Lalu pada keesokan harinya diadakan kegiatan outbound , tukar kado pemilihan ketua angkatan dan nama angkatan sebagai acara penutup ibtida' 2023. Ketua angkatan anggota LDK UIN Salatiga tahun 2023 ialah Sohib  Muhammad Rizki Ramadhan, sedangkan untuk nama angkatan sendiri terpilih Muhammad Al Fatih. Pemilihan nama ini bukan hanya sekedar memilih namun tentunya terdapat filosofinya Muhammad Al Fatih adalah seorang pemuda yang membawa perubahan, diharapkan dengan nama tersebut sohib sohibah bisa merubah LDK UIN Salatiga menjadi UKM yang lebih baik lagi kedepanya dan juga semoga angkatan LDK 2023 dapat menjadi kader-kader yang mempunyai keihklasan, keimanan dan berakidah lurus dalam menyebarkan syiar-syiar dakwah baik dalam lingkungan universitas maupun dalam lingkungan masyarakat.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut