get app
inews
Aa Read Next : Membangun Pendidikan Politik Berbasis Keluarga

Pembelajaran Seni Musik Sebagai Media Pengembang Karakter Peserta Didik

Senin, 09 Oktober 2023 | 13:49 WIB
header img
Sabrina Idamatus Silmi Mahasiswa S1 PGSD FIPP Universitas Negeri Semarang (kiri) & Dr. Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd. Dosen Universitas Negeri Semarang (kanan), (Foto : Ist)

musik. Alat musik merupakan suatu instrument yang dibuat dengan tujuan menghasilkan suara atau musik pengiring sebuah lagu. Alat musik yang seringkali dimainkan oleh siswa sekolah dasar adalah pianika dan seruling. Selain itu siswa sekolah dasar juga memain alat musik tradisonal gamelan.

Ketika siswa bermain alat musik, kreatifitas siswa akan terbentuk karena siswa kan mencari tahu cara memainkan alat musik yang benar dan mencoba memainkannya untuk menciptakan berbagai rangkaian instrument musik yang indah. Penggunanaan alat musik tradisional akan membentuk siswa menjadi pribadi yang berkarakter cinta tanah air dan berbudaya.

Persoalan karakter peserta didik saat ini menjadi persoalan penting dan mendesak. Pembelajaran seni musik bisa menjadi media pengembang karakter dalam mengatasi moral peserta didik. Penanaman nilai moral secara halus, menyenangkan, dan berkesinambungan dapat membentuk dan mengembangkan karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai dan norma serta budaya bangsa. Kegiatan bermusik akan mengalihkan fokus peserta didik pada hal-hal yang lebih bermanfaat, dan menghindarkan peserta didik dari hal-hal negatif yang dapat merusak moral bangsa.

Oleh :

1.  Sabrina Idamatus Silmi (Mahasiswi PGSD)

2. Dr. Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd (Dosen PGSD FIPP Universitas Negeri Semarang)

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut