get app
inews
Aa Read Next : Membangun Pendidikan Politik Berbasis Keluarga

Pembelajaran Seni Musik Sebagai Media Pengembang Karakter Peserta Didik

Senin, 09 Oktober 2023 | 13:49 WIB
header img
Sabrina Idamatus Silmi Mahasiswa S1 PGSD FIPP Universitas Negeri Semarang (kiri) & Dr. Eka Titi Andaryani, S.Pd., M.Pd. Dosen Universitas Negeri Semarang (kanan), (Foto : Ist)

MUSIK sudah dikenal sejak zaman prasejarah yang pada saat itu banyak digunakan utuk mengiringi upacara atau ritual. Namun, seiring dengan perkembangan zaman musik diguanakan sebagai sarana hiburan, mengekpresikan diri, pengiring pameran seni, dan sebagai suber penghasilan. Musik saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang tidak lepas dari kehidupan manusia.

Musik mampu mencairkan suasana dan menstimulasi pikiran manusia. Selain itu, dengan mendengarkan musik yang disukai dapat menurunkan tingkat stres, hati merasa lebih tenang dan juga dapat meningkatkan mood. Dampak intrumen musik dan vokal yang merdu mampu memikat pedengarnya. Bahkan didunia Pendidikan juga membutuhkan musik sebagai alat bantu untuk memikat peserta didik agar memiliki karakter yang baik.

Pada generasi saat ini, banyak ditemui peserta didik yang memiliki moral rendah. Hal ini dibuktikan dengan kasus – kasus seperti: menganiaya teman sebaya, membully, mendeskriminasi, yang menjadi trending topik di berbagai media. Kerusakan moral peserta didik belakangan ini semakin memuncak dan membuktikan bahwa pendidikan di Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

Data dari Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), mencatat terdapat 16 kasus bullying yang terjadi di lingkungan sekolah periode Januari hingga Agustus 2023. Ironisnya, 25 persen dari total kasus yang terjadi di sekolah dasar yang dimana peserta didiknya masih berusia di bawah umur. Kasus serupa terus terjadi berulang kali, sehingga menambah catatan buruk dunia pendidikan.

Selain kerusakan moral, karakter peserta didik juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Beruntungnya, Pendidikan seni budaya pembelajaran seni musik di sekolah dipercaya menjadi salah satu alternatif untuk membentuk karakter peserta didik agar memiliki karakter yang sesuai dengan budaya bangsa. Selain itu, dalam bidang Pendidikan seni budaya, pembelajaran musik dijadikan sarana bagi peserta diidk untuk meningkatkan moral peserta didik. Nilai moral yang terkandung dalam pembelajaran seni musik disajikan dengan penuh keindahan sehingga lebih mudah diterima oleh peserta didik.

Seni musik memiliki perpaduan   irama, melodi, harmoni , bentuk, dan gaya yang dapat menyeimbangkan pikiran dan perasaan seseorang. Pembelajaran seni musik di sekolah dasar meliputi bernyanyi, bermain alat musik dan mengapresiasi suatu karya musik dapat

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut