get app
inews
Aa Read Next : Triwulan Pertama 2024, MOOC Pintar sudah Layani 633.675 Peserta

Stafsus Menag : Agama Menjadi Faktor Terpenting dalam Kehidupan berbangsa dan Bernegara

Minggu, 20 Agustus 2023 | 11:19 WIB
header img
Kegiatan Serap Aspirasi Pelaksanaan Layanan Pengelolaan Majelis Taklim di Jawa Barat, (Foto : Ist)

CIREBON,iNewsSalatiga.id - Direktorat Penerangan Agama Islam (Penais) Kementerian Agama Republik Indonesia bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon menggelar kegiatan Serap Aspirasi Pelaksanaan Layanan Pengelolaan Majelis Taklim di Jawa Barat. Kegiatan dilaksanakan di Pesantren Jagasatru pada Sabtu (19/8). 

Direktur Penais H. Ahmad Zayadi mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan untuk menampung aspirasi masyarakat di dunia dakwah Islam sebagai bahan analisis dan evaluasi pelaksanaan program Kementerian Agama. Program ini menyasar program pengelolaan majelis taklim yang dijalankan kalangan santri lantaran bagian dari miniaturnya Indonesia. 

"Santri sejak dini telah terbiasa dengan perbedaan.  Di pondok pesantren, santri telah bertemu dengan bermacam kawan dari berbagai latar belakang dan adat istiadat. Dengan perbedaan seperti apa pun, santri menunjukkan kedewasaannya untuk menyikapinya dengan bijak. Ini menjadikan santri miniaturnya Indonesia," ucapnya. 

Berkaca dari ini pula betapa pentingnya kerukunan untuk senantiasa dirawat dalam kehidupan berbangsa, beragama, dan bernegara, salah satunya melalui program moderasi beragama. 

"Moderasi beragama hakikatnya sebuah instrumen dalam rangka meningkatkan kerukunan dengan tujuan utamanya adalah merawat bangsa," tambahnya. 
Kegiatan ini dihadiri pula oleh Staf Khusus Menteri Agama RI Muhammad Nuruzzaman. Dirinya menyampaikan betapa urusan keagamaan menjadi bagian dan faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Agama menjadi bagian dan faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karenanya, menjadi perhatian kami bagaimana meningkatkan kualitas keberagamaan masyarakat dengan memaksimalkan potensi penyuluh agama," ungkapnya. 

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut