get app
inews
Aa Read Next : Teriak "Dajjal Sudah Keluar" Oknum TNI Maluku Tengah Melakukan Penembakan.

Polisi Tangkap 6 Warga Kolombia Yang Terlibat pembunuhan Capres Ekuador

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 22:24 WIB
header img
Fernando Villavicencio (sumber: Reuters)

QUITO, inewsSalatiga.id - Transformasi Ekuador menjadi pusat perdagangan narkoba utama dan gelombang kekerasan selama tiga tahun ke depan mengakibatkan beban yang signifikan bagi negara tersebut setelah terjadinya pembunuhan seorang calon presiden (capres) yang selama seumur hidupnya berdedikasi untuk memerangi kejahatan dan korupsi.

Pihak kepolisian Ekuador mengumumkan penangkapan enam pria asal Kolombia pada hari Kamis (10/8/2023), terkait dengan penembakan terhadap Fernando Villavicencio pada hari sebelumnya di ibu kota negara, Quito.

Meski bukan merupakan kandidat utama dalam kontestasi pemilihan presiden, pembunuhan tersebut yang terjadi di tengah hari kurang dari dua minggu sebelum hari pemilihan, secara dramatis menggarisbawahi tantangan yang akan dihadapi oleh pemimpin Ekuador yang akan datang. Pemimpin tersebut dihadapkan pada tugas berat untuk menekan kelompok-kelompok geng dan kartel yang telah merenggut ribuan nyawa melalui aktivitas kejahatan mereka.

Berita mengenai penangkapan pria yang dikutip oleh The Associated Press mengindikasikan bahwa pria tersebut berhasil ditangkap saat bersembunyi di sebuah rumah di kota Quito.

Berdasarkan laporan tersebut, aparat penegak hukum berhasil menyita sejumlah barang bukti yang meliputi empat senapan jenis shotgun, senapan rifle kaliber 5,56 mm, amunisi, tiga granat, kendaraan bermotor, serta satu unit sepeda motor.

Meskipun laporan dari pihak kepolisian tidak secara tegas menyebutkan apakah pria tersebut merupakan anggota dari kelompok kriminal tertentu, Menteri Dalam Negeri Ekuador, Juan Zapata, yang mengkonfirmasi penangkapan beberapa individu asing tanpa merinci kewarganegaraan mereka, menjelaskan bahwa para tersangka memiliki keterkaitan dengan dunia kejahatan yang terorganisir.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut