get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo dalam Pembukaan Porprov XVI: Semoga Jadi Wadah Bagi Para Atlet

Inilah Profil Ganjar Pranowo, Capres 2024 Besutan PDI Perjuangan

Sabtu, 27 Mei 2023 | 23:52 WIB
header img
Ganjar Pranowo, Capres dari PDI Perjuangan pada pemilu 2024

Salatiga, INewsSalatiga.id - Gubernur aktif Jawa Tengah, Ganjar Pranowo resmi diususng menjadi calon presiden oleh PDI Perjuangan pada 21 Mei 2023 lalu. Orang nomor satu di Jawa Tengah itu ternyata telah berkecimpung di dunia politik sejak lama.

Memiliki nama lengkap H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P, beliau adalah lulusan dua universitas ternama di Indonesia. Beliau mendapatkan gelar Sarjana Hukum di UGM, dan menyelesaikan program masternya di UI dengan mengambil program Ilmu Politik.

Berasal dari lereng Gunung Lawu tak membuatnya jauh dari dunia pendidikan. Semasa kuliah, beliau juga aktif dalam organisasi. Di UGM, beliau bergabung dengan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) serta kegiatan pecinta alam.

Karirnya dimulai begitu lulus dengan menjadi konsultan HRD di PT Prakasa. Seiring berjalannya waktu, beliau menjadi simpatisan PDI dan memtuskan untuk berkarir politik di bawah partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri.

Karir politiknya terus melejit hingga pada tahun 2013 ia maju menjadi calon gubernur Jawa Tengah, dan menang dengan 48,82% pilihan suara bersama dengan Heru Sudjatmoko. Prestasinya sebagai baiknya gubernur membuatnya memenangkan kembali pilgub pada 2018 dengan perolehan 58,78% suara bersama Taj Yasin Maimoen hingga tahun 2023 ini.

Gubernur yang dikenal milenial ini juga sering membagikan aktivitas di media sosial pribadinya. Beliau sering mengunggah momen kebersamaannya dengan istri dan keluarga, beliau juga sering menyapa warga dengan cara unik khas Pak Ganjar.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut