get app
inews
Aa Read Next : Ciptakan Kota Pendidikan, Ulama Salatiga Dukung Pengesahan Raperda Fasilitasi Pesantren

Pengurus Cabang FKPP Kota Semarang Resmi Dilantik

Senin, 31 Oktober 2022 | 17:20 WIB
header img
DPC FKPP Kota Semarang dilantik oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Jawa Tengah Dr. KH. Abu Choir, MA, (Foto : Ist)

SEMARANG,iNews.id - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Jawa Tengah Dr. KH. Abu Choir, MA melantik dan mengukuhkan DPC FKPP Kota Semarang di Lantai VIII Gedung Much. Ihsan Balai Kota Semarang, Sabtu (29/10).

Hadir dalam pelantikan tersebut Plt Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Katib Syuriah PCNU Kota Semarang KH In’amuzzahidin, sejumlah pejabat, dan pimpinan Ormas.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Abu Choir menyampaikan, pondok pesantren sebagai tempat pengembangan dan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Yakni SDM muslim yang tangguh dan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebagai nalar santri yang telah dicontohkan para kiai.

“Sejak dulu pesantren dikenal sebagai tempat penyemaian Islam rahmatan lil'alamin dan juga penyemaian untuk cinta negara. Dan itu yang tarus menjadi nalar dan kemudan harus kita perjuangkan. Sehingga santri itu menjadi agen strategis dalam mepertahankan negara,” katanya.

Karena bagi pesantren, menurut Gus Abu Choir, negara itu adalah hasil ijtihad para ulama. Atau negara itu sesuatu hasil yang ditinggalkan para ulama. Karena itu, santri mempuyai tanggung jawab untuk merawat dan mempertahankannya. Hal itu sebagaimana santri sebagai khodim yang harus taat dan patuh kepada kiai.



“FKPP merupakan forum yang mewadahi pondok pesantren lintas ormas, sehigga fungsi untuk berkhidmat melayani pondok pesantren, kiai, dan santri. Karena itu kepada temen-temen FKPP di semua tingkatan untuk berkhidmat dengan berbagai kemampuannya,” katanya.

Sementara Plt Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, menyampaikan, pondok pesantren mempunyai peran strategis dalam mengatasi persoalan bangsa.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut