Untuk Melindungi Arus Data Internasional, Forum DEWG G20 Sepakat Lakukan Tata Kelola Global

Tim iNews.id
Hari kedua pertemuan DEWG G20 bahas tata kelola data global, (Foto: KOMINFO)

LOMBOK BARAT,iNews.id - Hari kedua pertemuan Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG) G20 mengusung pembahasan tentang arus data lintas batas negara.

Dari keterangan tertulis Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba menyatakan delegasi negara anggota G20 menyepakati tata kelola data global merupakan hal penting dalam mendukung pelindungan data pribadi, bisnis dan perdagangan internasional, serta arus data lintas negara.

"Delegasi sepakat bahwa kerangka tata kelola data global meliputi pelindungan data pribadi, privasi data, dan penghapusan hambatan perdagangan menjadi dasar untuk mendukung operasi bisnis, perdagangan internasional, serta arus data lintas negara," ujarnya dalam Pertemuan Pertama DEWG G20 yang berlangsung hibrida di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, NTB, Rabu (30/03/2022).

Sekjen Mira yang juga menjadi Chair DEWG G20 menyatakan delegasi negara anggota G20 yang hadir virtual mendukung isu prioritas arus data lintas negara menjadi bahasan dialog multistakeholders sesuai rekomendasi Presidensi G20 Italia sebelumnya

"Delegasi mendukung upaya menemukan kesepahaman bersama tentang arus data dan identitas digital dalam lingkungan digital yang aman serta melanjutkan pembahasan dalam presidensi sebelumnya," jelasnya.

Chair DEWG G20 Mira Tayyiba menjelaskan beberapa hal penting yang menjadi perhatian delegasi negara anggota G20. Perhatian itu mengenai pertimbangan untuk tidak membuka diskusi tentang definisi trust dalam istilah Data Free Flow with Trust dan empat prinsip dalam arus data lintas negara.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network