Budaya Bernuansa Mistis Belum Punah, Kesenian Janturan di Tegal Masih Lestari

Yunibar
Kuda lumping budaya yang kental akan unsur mistis masih bertahan di era Modern,(Foto: Yunibar)

Tegal,iNews.id - Kesenian dan kebudayaan yang kental akan unsur mistis di Tegal masih digemari oleh masyarakat ditengah Covid-19. Kesenian Janturan atau Kuda Lumping masih kuat bertahan menjadi favorit warga kaki Gunung Slamet.

Kesenian janturan atau lebih dikenal kuda lumping sangat berkaitan erat dengan hal-hal yang berbau supranatural. Atraksi janturan bahkan selalu ditunggu penonton saat para penari mulai kerasukan

Seperti yang dilakukan sekelompok penari janturan asal Desa Dukuh Tengah, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Tarian ini menggunakan kuda yang terbuat dari anyaman bambu atau kulit sapi dengan dihiasi rambut tiruan yang digelung atau dikepang.

Untuk membuat para penari kerasukan, sejumlah pawang menyiapkan sesaji dan sejumlah makanan. Kesenian janturan menyuguhkan atraksi kesurupan, kekebalan dan kekuatan magis. 

Seperti atraksi memakan umbi-umbian mentah, batang tebu hingga kekebalan tubuh terhadap deraan cambuk. Saat mulai kesurupan, para penari tiba-tiba jatuh dan kaku saat didirikan tubuhnya. Semakin cepat tempo gamelan, para penari semakin lincah melakukan atraksi. 

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network