Tips Menghidupkan Kemanusiaan Ala Gus Dur

Tim iNews.Id
Dosen IAIN Salatiga dan Pengasuh Pesantren Online Tashfiyatul Qulub,  M. Munawar Said, M.Pd

Beberapa contoh kecil kemanusiaan yang diperjuangkan Gus Dur dalam kehidupannya misalnya: membela kaum wanita menjadi pemimpin dan  memperjuangkan hak-hak orang yang diperlakukan tidak adil dan tidak bijaksana, seperti orang-orang cina, korban keluarga PKI Dan DI/TII Kartosuwiryo, bahkan Gus Dur yang membela Abu Bakar Ba’syir di saat pemerintah akan menutup pesantren Ngruki Solo.

Bahkan Gus Dur dalam bukunya Tuhan tidak perlu dibela, pernah membela tekait adopsi yang pada saat itu ramai-ramai menolak adopsi khususnya para juru bicara islam (cendikiawan muslim, ustadz), Gus Dur melontarkan beberapa pertanyaan kemanusiaan, seperti ; apakah islam tidak mau tahu nasib orang-orang yang menderita karena tidak memiliki anak? Atau apakah tidak kasihan melihat bayi-bayi yang tidak akan terangkat nasibnya tanpa diambil oleh orang yang bernasib lebih baik?.

Inilah hanya potrait atau contoh kecil dari berbagai macam contoh kemanusiaan yang diperjuangkan oleh Gus Dur, karena memang sejatinya itulah perintah agama bahwa nilai-nilai kemanusiaan harus dijadikan fondasi dalam semua lini kehidupan. Semoga kita semua bisa meneladani dan mengamalkan nilai kemanusiaan yang telah dipraktekan oleh Gus Dur, sang ulama bangsa Indonesia. Aamiin, Untuk Gus Dur, al-fatihah.

oleh : M. Munawar Said, M.Pd

Dosen IAIN Salatiga dan Pengasuh Pesantren Online Tashfiyatul Qulub, 

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network