Tantangan dan Peluang Hukum Keluarga Islam di Era Digital

Tim iNewsSalatiga
Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam (HKI) UIN Salatiga, menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tajuk “Tantangan dan Peluang Hukum Keluarga Islam di Era Digital”, (Foto : Ist)

SALATIGA,iNewsSalatiga.id - Hari ini Fiqih dalam segala bentuk dan ekspresinya, menemukan tantangan baru, yaitu untuk “berpindah” dan “menyatu” dengan dunia digital. Sebuah kondisi yang telah mengubah cara pandang manusia dalam menjalankan doktrin keagamaan.

Dalam menyikapi hal tersebut, Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam (HKI) UIN Salatiga, menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tajuk “Tantangan dan Peluang Hukum Keluarga Islam di Era Digital” yang dibawakan oleh Prof. DR. Imam Yahya, M.Ag, pada Sabtu, 3 Maret 2023.

Prof. DR. Imam Yahya, M.Ag merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Fiqih Univeristas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Kuliah tamu ini dimulai dengan sambutan oleh Ketua Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam UIN Salatiga, Ibu Dr. Tri Wahyu Hidayati, M.Ag. Dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk merangsang daya kritis mahasiswa dalam menhadapi problematika yang terjadi di tengah masyarakat, khusunya yang berkaitan dengan Hukum Keluarga.

“Dalam situasi zaman bergerak, perkembangan kehidupan masyarakat merupakan sebuah keiscayaan, yang pada kondisi tertentu, akan memunculkan sebuah permasalahan baru. Pada titik inilah, sebagai Mahasiswa kita harus mampu memberikan solusi atas permasalahan tersebut”.

Prof. DR. Imam Yahya, M.Ag, menyampaikan bahwa digitalisasi agama bukan hanya fenomena transformasi sosial budaya, tetapi juga sebagai tantangan transformasi bidang keagamaan. Dimana transformasi tersebut menjadikan aktivitas keagamaan lebih efektif dan efissien.

“Digitalisasi agama juga dapat memberikan banyak manfaat, seperti memudahkan akses informasi keagamaan, memfasilitasi komunikasi dan interaksi antara umat Islam dari berbagai negara dan budaya, serta membantu mempercepat penyebaran dakwah dan pengajaran agama.” Ungkap Prof. Dr. Imam Yahya, M.Ag., dalam kegiatan tersebut.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network