get app
inews
Aa Read Next : Wabah Cacar Monyet Menyebar, Apakah Bisa Jadi Penyakit Menular Seksual Baru?

Penularan Cacar Monyet Ditegaskan CDC Tidak Lewat Udara

Senin, 13 Juni 2022 | 12:13 WIB
header img
Ilustrasi, (Foto : Freepik)

PENULARAN cacar monyet masih sering disalahpahami oleh masyarakat awam.Salah satunya, menganggap penyakit satu ini bisa menular melalui udara.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menegaskan, jika penyakit satu ini tidak menular lewat udara. Virus cacar monyet tidaklah sama dengan virus Covid-19. CDC menyatakan, virus cacar monyet tidak bertahan lama di udara.

"Itu kenapa virus cacar monyet tidak menular lewat gagang pintu atau berjalan melewati orang yang terinfeksi," terang CDC dalam pernyataan resminya, mengutip News Medical, Senin (13/6/2022).

Cacar monyet atau Monkeypox sendiri, diketahui penyebaran utamanya adalah lewat kontak langsung dengan penderita, melalui cairan tubuh atau lesi cacar monyet.

Pada beberapa kasus, cacar monyet juga bisa menular lewat pakaian yang terkontaminasi cairan luka ataupun seranjang dengan penderita.

CDC menjelaskan, cacar monyet bisa menular melalui sekresi pernapasan ketika seseorang melakukan kontak tatap muka yang dekat. Meski begitu, kemungkinan penyebaran virus lewat sekresi pernapasan bisa terjadi walau kasusnya jarang.

Artinya, air liur yang keluar dari pasien berisiko menularkan pada orang lain jika menyentuh tubuh seseorang, bukan lewat udara.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut