get app
inews
Aa Read Next : Totalitas Ganti Nama Twitter, Elon Musk Disebut Merampas Akun @X Milik Fotografer

Indonesia Punya Harta yang Paling Dicari di Dunia, Elon Musk Cs Saling Berebut

Jum'at, 27 Mei 2022 | 14:11 WIB
header img
Elon Musk, (Foto : Reuters)

JAKARTA,iNews.id - Dengan jumlah nikel yang banyak menjadikam Indonesia sebagai nomor 1, bahkan jadi rebutan seluruh dunia.

Mengutip Booklet Tambang Nikel 2020 Kementerian ESDM, Selasa (24/5/2022), cadangan nikel Indonesia mencapai 72 juta ton atau sekitar 52% dari total cadangan nikel dunia yang mencapai 139,4 juta ton.

Harta karun nikel Indonesia sendiri ketersediaannya begitu melimpah di wilayah Halmahera Timur (Maluku Utara), Morowali (Sulawesi Tengah), Pulau Obi (Maluku Utara), dan Pulau Gag di Raja Ampat.

Sumber daya alam ini dilihat sebagai peluang membangun industri baterai listrik jenis NCA (nickel manganese kobalt oxide) dan NMC (nickel manganese cobalt oxide) atau smelter forenikel. Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita pun menyebut bahwa Indonesia akan menjadi pemain penting dalam mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik dunia.

Mengingat baterai listrik sendiri merupakan komponen yang sangat penting dari sebuah mobil listrik, yang berfungsi sebagai sumber energi untuk menjalankan mesin. "Kita punya nikel dan kobalt yang merupakan material penting untuk baterai litium. Potensi-potensi ini yang perlu kita optimalkan ke depannya," kata Menteri Agus Gumiwang dalam keterangan resminya.

Harta karun nikel Indonesia sendiri ketersediaannya begitu melimpah di wilayah Halmahera Timur (Maluku Utara), Morowali (Sulawesi Tengah), Pulau Obi (Maluku Utara), dan Pulau Gag di Raja Ampat.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut