get app
inews
Aa Read Next : Triwulan Pertama 2024, MOOC Pintar sudah Layani 633.675 Peserta

BREAKING NEWS : Pemerintah Menetapkan Bulan Ramadan 1443 H Dimulai Hari Minggu 3 April 2022

Jum'at, 01 April 2022 | 20:43 WIB
header img
Sidang isbat penentuan Ramadan 2022, (Foto :Okezone.com)

JAKARTA,iNews.id - Berdasarkan pemantauan pada Jumat (1/4/2022) hilal tidak terlihat pada 101 titik pengamatan, Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan awal Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada hari Minggu 3 April 2022.

"Secara mufakat 1 Ramadan 1443 H jatuh pada hari Ahad 3 April 2022 M,"  ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat jumpa pers hasil Sidang Isbat.
Menurut Yaqut, Kemenag selalu gunakan dua metode yaitu hisab atau perhitungan dengan metode kedua rukyat atau melihat langsung keberadaan hilal. Dua metode ini, bukan dua metode yang dipertentangkan tapi saling melengkapi.

"Kedua metode ini penting saling melengkapi satu sama lain," katanya.

Kemenag menggunakan kriteria baru untuk penentuan awal bulan Hijriyah mengacu pada kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesi, Malaysia dan Singapura (MABIMS) pada 2021. Di mana, MABIMS sepakat kriteria hilal menjadi ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Dalam pemaparan hilal, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag, Thomas Djamaluddin mengungkapkan, secara astronomis, posisi hilal di Indonesia pada saat Maghrib 1 April 2022 masih berada di bawah kriteria baru MABIMS yang ditetapkan pada 2021. Sehingga, kemungkinan hilal tidak dapat teramati.

"Di Indonesia, posisi hilal awal Ramadan 1443 H terlalu rendah sehingga hilal yang sangat tipis tidak mungkin mengalahkan cahaya syafak (senja), sehingga kemungkinan tidak terlihat," ujar Thomas.

Menurut Thomas, kalau ada yang mengklaim melihat hilal, dimungkinkan itu bukan hilal. Secara astronomi klaim itu bisa ditolak.

Sidang Isbat dan pemaparan hilal juga dihadiri Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Ketua Komisi VIII DPR RI (secara daring), duta besar negara sahabat, pimpinan MUI, pejabat Kemenag dan instansi terkait, alim ulama pimpinan ormas Islam.

Berikut ini daftar 101 lokasi rukyatul hilal awal Ramadan 1443 H/2022 M:

Provinsi Aceh

1. POB Chiek Kuta Karang

2. Tugu O KM

3. Bukit Blang Tiron

4. Pantai lhokseumawe

5. POB Suak Geudubang

6. Pantai Nancala

Provinsi Sumatera Utara

7. Rooftop Gedung BMKG Wilayah Sumatera

8. OIF UMSU Medan

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut