get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi Internasional, Mahasiswa Pascasarjana jalin Project Keilmuan dan Budaya antar Bangsa

Arab Saudi dan Malaysia Mulai Transisi Masa Endemi, Indonesia Kapan?

Selasa, 15 Maret 2022 | 05:04 WIB
header img
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan memberi penjelasan terkait kapan Indonesia memasuki masa transisi endemi. (Foto: Dok/MPI)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sejumlah negara. Sejumlah negara yang dimaksud seperti Arab Saudi dan Malaysia mulai melakukan transisi dari pandemi menuju endemi. Lalu Indonesia kapan?

“Pertimbangan utamanya adalah tingkat vaksinasi lengkap dan booster yang sudah tinggi di kedua negara itu,” kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Senin (14/3/2022).

Luhut mengatakan Indonesia saat ini terus mempercepat capaian vaksinasi dosis lengkap dan booster. Menurutnya dibandingkan kedua negara tersebut, Indonesia masih jauh tertinggal.

“Dibandingkan kedua negara itu, capaian vaksinasi dosis lengkap dan booster kita masih tertinggal. Oleh karena itu, pemerintah sekarang sedang mendorong mempercepat lagi,” ujarnya.

Selain itu, Luhut menegaskan akan meningkatkan cakupan vaksinasi lagi sehingga Ramadhan dan Lebaran bisa semakin dilonggarkan.

“Ini perlu kita waspadai karena ini sudah menjelang bulan Ramadhan dan nanti juga Lebaran kita berharap akan lebih bebas," katanya.

“Tapi untuk itu kami titip supaya kita semua melakukan vaksinasi lengkap dan booster terutama yang lansia dan komorbid. Sehingga nanti kita bisa semua saudara-saudara yang apa melakukan ibadah puasa bisa lebih bebas, nanti melakukannya. Tentu tidak meninggalkan protokol kesehatan,” kata Luhut.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut