get app
inews
Aa Read Next : Viral, Dapat Undangan Pernikahan dan Wajib Bayar Rp842.000 saat Datang

Kolaborasi Internasional, Mahasiswa Pascasarjana jalin Project Keilmuan dan Budaya antar Bangsa

Kamis, 15 Juni 2023 | 08:51 WIB
header img
Kegiatan International Lecture ke negeri Melaka Malaysia, (Foto : Ist)

MELAKA,iNewsSalatiga.id - Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan wawasan internasional, Program Pascasarjana mengadakan kegiatan International Lecture ke negeri Melaka Malaysia selama 5 hari 10-14 Juni 2023.

Selama kegiatan berlangsung mahasiswa mengenalkan budaya dan warisan nilai Sunan Kudus kepada warga ahli karyah Masjid Asy Syakirin Sungai Rambai Melaka, PKM Internasional di Ma'had Tahfidz Al Muhatadin, mengikuti Seminar Internasional di JAIM, mengikuti Workshop Sistem dan Praktik Pendidikan Islam di Malaysia, dan konferensi ilmiah di Universiti Melaka (UNIMEL). Bahkan saat di UNIMEL setelah konferensi ilmiah, mahasiswa berkolaborasi menjalin projects ilmu dan budaya dua bangsa antar mahasiswa dua PT.

Dalam sesi  ini Mahasiswa dengan akrab saling menyapa, mengenalkan budaya masyarakat dan budaya akademik di kampus Indonesia kepada mahasiswa UNIMEL. Sedangkan mahasiswa UNIMEL menjelaskan budaya masyarakat dan budaya akademik di kampus Malaysia. Suasana penuh keakraban dan saling menghargai.

Dalam kesempatan tersebut, Mahasiswa juga menyepakati untuk meningkatkan kolaborasi antar mereka dalam event-event yang lain. Sementara itu Muhammad Saiful, S.Sos. Mahasiswa Pascasarjana IAIN Kudus mengundang mahasiswa UNIMEL untuk berkunjung ke IAIN Kudus. Kami memiliki banyak kekayaan budaya, warisan nilai, dan arsitektur khas dari Sunan Kudus.

"Ayo berkunjung ke Indonesia kami akan sambut dan antar untuk menikmati berbagai destinasi warisan budaya Indonesia di Kudus" tegas Vivi salah satu Mahasiswi Peserta International Lecture kali ini yang juga Bu Nyai Pondok Pesantren Wafiyyul Qur'an Kudus.

Mahasiswa UNIMEL menyambut gembira tawaran ini. Mereka akan merencanakan projects Internasional bersama organisasi mahasiswa seperti yang dilakukan mahasiswa Pascasarjana IAIN Kudus. "Semoga ada ijin dan ada kesiapan kita untuk berkunjung dan belajar ke IAIN Kudus suatu waktu" tegas Hayati salah satu mahasiswa UNIMEL.

Interaksi positif dan kesan yang mendalam diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan wawasan Internasional mahasiswa Pascasarjana IAIN Kudus.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut