get app
inews
Aa Read Next : Selenggarakan Pasar Malam, Pesantren AL Falah Gandeng UMKM Sekitar

Pecel, Ketoprak, dan Gado-gado Masuk Dalam Daftar 50 Salad Terbaik Dunia

Kamis, 09 Mei 2024 | 15:30 WIB
header img
Ilustrasi pecel sayur (Foto:Cookpad)

SALATIGA, iNewsSalatiga.id Pecel, ketoprak, dan gado-gado, tiga hidangan Indonesia, telah terdaftar sebagai beberapa dari 50 Salad Terbaik di Dunia menurut TasteAtlas, sebuah situs informasi kuliner global. Dilansir dari TateAtlas, Kamis (9/5/2024) Pecel, dengan perolehan skor 4.2, menduduki peringkat ke-16. Pecel dideskripsikan sebagai salad yang menggunakan saus kacang yang harum dengan berbagai sayuran. Saus pecel terbuat dari kacang tanah panggang dan rempah-rempah seperti cabai, gula aren, bawang putih, dan lainnya.


Daftar 50 salad terbaik di dunia menurut Tasteatlas



Ketoprak, yang berada di urutan ke-27 dengan rating 4.1, digambarkan sebagai hidangan jajanan jalanan tradisional yang menyerupai salad tahu. Terbuat dari tahu goreng, ketupat, bihun, dan sayuran lain yang disiram saus kacang dan kecap manis, hidangan ini populer di Jakarta, dengan sejarah yang mungkin berasal dari Cirebon.

Gado-gado, yang mendapat rating 4.0 dan berada di urutan ke-35, adalah versi salad campur Indonesia yang terdiri dari sayuran rebus, telur, tempe, dan tahu, dengan saus pedas berbasis kacang tanah. Dikenal sejak abad ke-16, gado-gado berasal dari Jakarta dan sekarang bisa ditemukan di seluruh Indonesia, sering disajikan sebagai makanan utama atau sebagai camilan dengan nasi dan kerupuk.

Keseluruhan, keberadaan ketiga hidangan ini dalam daftar tersebut menunjukkan pengakuan internasional terhadap kekayaan kuliner Indonesia.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut