get app
inews
Aa Read Next : MI Ma'arif Pulutan Salatiga Delegasikan 325 Personil Pawai Ta'aruf 1444 H

Tari Kuntulan Meriahkan Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H di Desa Jatirejo Suruh

Kamis, 20 Juli 2023 | 22:49 WIB
header img
Pawai Ta'aruf Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H di Desa Jatirejo Suruh, Kabupaten Semarang(Foto : Ist)

SEMARANG,iNewsSalatiga.id - Desa Jatirejo, yang terletak di Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, merayakan Hari Tahun Baru Islam 1445 Hijriah dengan mengadakan Pawai Ta'aruf yang meriah. Pawai ini diikuti oleh ribuan warga setempat dan juga para peziarah dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Tari Kuntulan menjadi salah satu rombongan peserta Pawai Ta'aruf dengan penampilan tarian seni budaya dengan iringan musik rebana sholawatan, penampilan tersebut justru menjadi salah satu magnet kegiatan pawai ta'aruf.

Peserta pawai yang mayoritas terdiri dari para pemuda, bapak dan ibu-ibu, serta anak-anak mengenakan busana Islami yang indah dengan membawa spanduk serta bendera berbagai organisasi keagamaan. Peserta pawai berjalan sambil membaca dzikir dan melantunkan nasyid, menciptakan suasana yang penuh khidmat dan kebersamaan.

Rute pawai melintasi jalan-jalan utama desa, sambil diberi pengawalan oleh petugas kepolisian maupun Banser setempat untuk menjaga kelancaran acara dan keselamatan peserta. Warga sepanjang jalan berjejer menyambut dengan antusias, memperlihatkan semangat keagamaan dan toleransi yang tinggi di desa ini.

Setelah pawai selesai, warga Desa Jatirejo berkumpul di balai panjang peninggalan Sunan Kalijaga terbuka yang telah disiapkan untuk pengajian akbar. Acara tersebut dimeriahkan oleh kehadiran seorang ulama terkenal yaitu KH Ubaidillah Shodaqoh, Rois Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, KH Ubaidillah Shodaqoh dikenal sebagai sosok yang mumpuni dalam pengetahuan agama dan pemersatu umat.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut