get app
inews
Aa Read Next : Muslimat NU Kota Salatiga Peringati Harlah ke-78 di Student Center UIN Salatiga

Dibalik Pintu Mahkamah Agung: Mahasiswa Fakultas Syariah UIN Salatiga Amati Sistem Hukum Indonesia

Rabu, 07 Juni 2023 | 09:13 WIB
header img
Kunjungan Mahasiswa Fakultas Syari'ah UIN Salatiga melakukan kunjungan ke Mahkamah Agung, (Foto : Ist)

JAKARTA,iNewsSalatiga -Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah UIN Salatiga melakukan kunjungan studi ke Mahkamah Agung Republik Indonesia Selasa 06/07/2023. Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Sub Kepegawaian Mahkamah Agung, Andika Rahman,S.H.,M.H.

Dalam kunjungan tersebut, Dr. Siti Zumrotun, M.Ag., memaparkan maksud dan tujuan kunjungan Program Studi Hukum Keluarga Islam ke Mahkamah Agung Republik Indonesia. “Maksud dan tujuan dari kunjungan ini agar mahasiswa memiliki pemahaman yang lebih mengenai peran Mahkamah Agung dalam sistem hukum di Indonesia.”

Lebih lanjut, beliau juga menyampaikan bahwa kunjungan studi ini merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengetahui secara langsung bagaimana proses hukum yang berlangsung di Mahkamah Agung. “Kami percaya bahwa pengalaman praktik di lapangan akan membeirkan tambahan nilai bagi pembentukan kompetensi dan orientasi mahasiswa.”

Andika menyambut baik kunjungan yang dilakukan oleh Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah UIN Salatiga ke Mahkamah Agung Republik Indonesia. Beliau juga mengajak para mahasiswa untuk terus mengembangkan kapasitas keilmuanya agar bisa berkontribusi dalam penegakan hukum di Indonesia.

Kunjungan ini juga merupakan bagian dari upaya Mahkamah Agung untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam sistem peradilan. Dengan membuka pintu bagi mahasiswa dan masyarakat untuk mengenal lebih dekat Mahkamah Agung, diharapkan kesadaran akan pentingnya keadilan dan ketertiban hukum semakin meningkat.

“Kami berharap bahwa kunjungan ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mahasiswa mengenai peran penting Mahkamah Agung dalam Sistem hukum di Indonesia. Kami juga berharap para Mahasiswa dapat bergabung dengan Mahkamah Agung untuk bersama-sama menjadi pejuang keadilan.”

Dalam kunjungan tersebut, Para mahasiswa diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan Panitera Muda Perkara Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, Dr. Musthofa, S.H.,M.H., yang menyampaikan materi tentang profile Mahkamah Agung, tugas pokok dan fungsi Mahkamah Agung, Perkara-perkara di Mahkamah Agung, hingga peluang bagi Mahasiswa untuk berkarier di Mahkamah Agung.

Setelah sesi diskusi, mahasiswa juga diajak untuk melihat koleksi pustaka yang dimiliki oleh Mahkamah Agung. Sultan Syafril, salah satu mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah UIN Salatiga mengungkapkan apresiasinya atas kesempatan yang diberikan untuk berkunjung dan berdiskusi dengan Mahkamah Agung secara langsung. “Kunjungan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi saya dan teman-teman, karena kami dapat melihat sendiri bagaimana Mahkamah Agung bekerja dan berkontribusi dalam penegakan hukum di Indonesia,” Ujarnya.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut