Teori Belajar Gagne “Nine Event of Instruction” Tingkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik

UNDANG-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 pasal 8 menetapkan standar kompetensi guru (pendidik) yang dikembangkan secara utuh dari empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan kompetensi profesional yang akan didapatkan jika mengikuti pendidikan profesi. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran.
Kompetensi kepribadian adalah adalah kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Kompetensi professional adalah kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam. Dalam kajian ini kompetensi yang akan dikaitkan dengan teori belajar Gagne yaitu kompetensi pedagogik.
Kompetensi pedagogik meliputi:
1) Mampu memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip-prinsip perkembangan kognitif, prinsip-prinsip kepribadian, dan mengidentifikasi materi yang akan dipelajari peserta didik.
2) Mampu merancang pembelajaran, memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran, yaitu memahami landasan pendidikan, menerapkan teori belajar dan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingi dicapai, dan materi ajar, serta menyusun rancangan pebelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
3) Melaksanakan pembelajaran, meliputi: mengatur latar (setting) pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang kondusif.
4) Merancang dan melaksanakan evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar dan memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
5) Mampu membantu peserta didik untuk menggali dan mengembangkan berbagai potensinya, yaitu memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik, dan memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi nonakademik.
Editor : Muhammad Andi Setiawan