get app
inews
Aa Read Next : Terapi Kurma Efektif Sehatkan Jamaah Haji

Kurangi Beban Subsidi, Vaksin Covid-19 Akan Dibuat Berbayar Rp150 Ribu per Dosis

Kamis, 26 Januari 2023 | 14:58 WIB
header img
Vaksin Covid-19 akan dibuat berbayar mulai tahun ini, (Foto : Okezone)

JAKARTA,iNewsSalatiga.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberikan wacana bahwa vaksin Covid-19 mulai tahun 2023 tidak akan ditanggung pemerintah. Artinya bagi warga yang ingin vaksin Covid-19 maka harus mengeluarkan biaya sendiri. Akan tetapi Vaksin berbayar ini hanya ditujukan untuk asyarakat yang bukan penerima bantuan iuran (PBI).

Wacana Vaksin berbayar tersebut direspon oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, Dirinya menanggapi Vaksin berbayar ini hanya ditujukan untuk masyarakat yang bukan penerima bantuan iuran (PBI).

Untuk kedepannya vaksin berbayar ini akan diberi harga kisaran Rp150 ribu per dosisnya. Sehingga masyarakat yang membutuhkan vaksin dapat membelinya dengan mudah. Rencana vaksin berbayar ini dimaksudkan sebagai langkah transisi pandemi menuju endemi.

“Memang ada wacana untuk booster kedua (berbayar) ini, untuk yang pemegang PBI dibebaskan. Tapi untuk non PBI itu dia diwacanakan untuk berbayar,” kata Wapres usai menghadiri acara di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Selain itu, wacana vaksin Covid-19 berbayar juga mempunyai tujuan untuk mengurangi beban subsidi yang sangat berat dengan gotong-royong.“Supaya kurangi beban subsidi juga menghidupkan kita untuk saling membantu bergotong-royong, yang kuat membantu yang lemah, sehingga rasa solidaritas saling membantu ada dan beban subsidi ini bisa berkurang,” kata Wapres.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut