get app
inews
Aa Read Next : Pria China Tewas di Penjara Usai Semprot Tinta ke Foto Xi Jinping, ada Darah di Anusnya

Semakin Marah, Massa China Ingin Presiden Xi Jinping Digulingkan

Senin, 28 November 2022 | 16:04 WIB
header img
Massa China yang marah ingin Presiden Xi Jinping digulingkan, (Foto : Okezone)


Ratusan orang juga melakukan protes di Wuhan, tempat Covid-19 pertama kali muncul pada tahun 2019. Rekaman yang disiarkan AFP menunjukkan sebuah jalan di pusat kota dipenuhi massa malam hari, bersorak dan merekam protes tersebut dengan ponsel mereka.

Di Shanghai, seperti dilaporkan AP, Senin (28/11/2022), ratusan orang berkumpul di Jalan Wulumqi pada tengah malam. Mereka membawa bunga, lilin, dan tanda bertuliskan "Urumqi, 24 November, mereka yang meninggal beristirahatlah dalam damai".

Tulisan pada tanda itu untuk mengenang 10 orang yang tewas dalam kebakaran di sebuah gedung apartemen di Ibu Kota Xinjiang, Urumqi.

Kematian tersebut telah memicu kemarahan publik yang meluas karena banyak pengguna internet menduga bahwa penghuni gedung bertingkat tinggi tersebut tidak dapat melarikan diri tepat waktu karena sebagian gedung tersebut dikunci.

Namun, para pejabat kota telah menolak klaim tersebut. Massa di Shanghai meneriakkan, “Cabut lockdown untuk Urumqi, cabut lockdown untuk Xinjiang, cabut lockdown untuk seluruh China!”

Pada satu titik sekelompok besar massa mulai berteriak, “Gulingkan Partai Komunis China, gulingkan Xi Jinping, bebaskan Urumqi!”

Sekelompok besar polisi mengawasi dan kadang-kadang berusaha membubarkan massa.

Seorang pengunjuk rasa yang hanya menyebutkan nama marganya, Zhao, mengatakan kepada AP bahwa salah satu temannya dipukuli oleh polisi dan dua temannya disemprot merica.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut