get app
inews
Aa Read Next : Pria China Tewas di Penjara Usai Semprot Tinta ke Foto Xi Jinping, ada Darah di Anusnya

Semakin Marah, Massa China Ingin Presiden Xi Jinping Digulingkan

Senin, 28 November 2022 | 16:04 WIB
header img
Massa China yang marah ingin Presiden Xi Jinping digulingkan, (Foto : Okezone)

BEIJING,iNews.id - Di Ibu Kota China, Beijing pecah aksi demonstrasi penggulingan Partai Komunis China dan Presiden Xi Jinping meletus. Demonstrasi ini bermula dari Xinjiang menuntut pencabutan loxkdown Covid-19 di China, namun demonstrasi tersebut semakin meluas ke berbagai kota.

Demo di Xinjiang pecah pekan lalu setelah massa marah dengan kebijakan nol Covid-19 China dengan lockdown ketat 100 hari. Aturan itu dianggap menghambat warga melarikan diri dari tragedi kebakaran di apartemen yang menewaskan 10 orang.

Pada hari Minggu, ratusan mahasiswa dari Universitas Tsinghua Beijing berunjuk rasa di kampus mereka. Massa meneriakkan yel-yel "kebebasan akan menang" dan menyerukan diakhirinya lockdown.

Demo di Beijing itu mengikuti demonstrasi pada Sabtu malam di Shanghai, kota terpadat dan pusat keuangan China, serta di sebuah universitas di kota timur Nanjing.

Seorang mahasiswa di Tsinghua mengatakan kepada AFP bahwa pertemuan massa hari Minggu dimulai pada pukul 11.30 ketika para mahasiswa mulai memegang tanda di pintu masuk kantin, dan kemudian semakin banyak orang bergabung.

"Sekarang ada 200 sampai 300 orang...Kami menyanyikan lagu kebangsaan dan Internationale, dan meneriakkan 'kebebasan akan menang'," kata mahasiswa tersebut, yang berbicara tanpa menyebutkan nama.

Belum ada komentar langsung dari pemerintah China atas demo yang mulai meluas.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut