get app
inews
Aa
Read Next : Semakin Marah, Massa China Ingin Presiden Xi Jinping Digulingkan

Pria China Tewas di Penjara Usai Semprot Tinta ke Foto Xi Jinping, ada Darah di Anusnya

Kamis, 29 September 2022 | 15:43 WIB
header img
Pria China tewas dipenjara setelah menodai poster Xi Jinping, (Foto : HKFP)

BEIJING,iNews.id - Menodai poster Presiden Xi Jinping, ayah dari seorang demonstran perempuan China meninggal di penjara dalam keadaan tidak jelas.

Kematiannya diungkap para aktivis dan dilaporkan Radio Free Asia (RFA) baru-baru ini.

Dong Jianbiao menjalani hukuman selama bertahun-tahun karena menentang penahanan putrinya, Dong Yaoqiong, di bangsal psikiatri pada tahun 2018 dan lagi pada tahun 2020.

Menurut laporan RFA, Dong Yaoqiong ditahan setelah dia mencipratkan tinta hitam pada poster Presiden Xi Jinping, yang aksinya disiarkan langsung di Twitter.

Laporan tersebut mengatakan Dong Jianbiao, seorang penambang asal Provinsi Hunan di China tengah, meninggal di Penjara Chaling pada 23 September.

Laporan itu mengutip aktivis hak asasi manusia (HAM) Chen Siming, yang juga ditahan karena men-tweet tentang kematian tersebut. Chen, mengutip kerabat keluarga Dong, mengatakan: "Tubuh korban tertutup pada tanda-tanda cedera ketika mereka pergi untuk mengidentifikasi dia di kamar mayat."

"Ada luka akibat pemukulan di sekujur tubuhnya, darah di anusnya dan matanya tidak tertutup," kata seorang sepupu korban.

Kerabat korban mengatakan tidak ada ponsel yang diizinkan masuk ke kamar mayat. Sehari setelah kematian Dong Jianbiao, otoritas penjara mengatakan korban meninggal karena diabetes.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut