get app
inews
Aa Read Next : Realisasi Pemerataan Sertifikat Halal

Kursus Calon Pengantin (Suscatin) Menuju Keluarga Harmonis

Rabu, 26 Oktober 2022 | 14:06 WIB
header img
Desi Anggraini, S.H. Mahasiswa S2 HKI UIN Salatiga, (Foto : Dok)

TERLIHAT Aula Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung pada Selasa (25/10/2022)  diramaikan para calon pengantin. Mereka sedang mengikuti games dalam kegiatan SUSCATIN Tahap 2 yang diselenggarakan oleh KUA Kec Kandangan Kab Temanggung. Kegiatan tersebut adalah salah satu program Bimbingan Perkawinan (BIMWIN). Tujuan kegiatan ini agar dalam mengarungi kehidupan rumah tangga mereka memiliki bekal yang cukup demi terwujudnya keluarga yang berdikari dan harmonis.

Penyuluh Agama Islam KUA Kec Kandangan, Desi Anggraeni, S.H. yang juga Mahasiswa Prodi HKI Pascasarjana UIN Salatiga pada kesempatan ini diberikan tanggung jawab dalam memastikan para calon pengantin untuk wajib hadir dalam kegiatan SUSCATIN ini. Indikator suksesnya kegiatan ini salah satunya ditandai dengan jumlah kehadiran peserta yang mencapai lebih dari 95% atau sejumlah 28 pasang calon pengantin yang telah diundang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk membuat para calon pengantin hadir dalam kegiatan SUSCATIN ini bukanlah hal yang mudah atau bisa dianggap remeh. Pasalnya dalam dunia globalalisasi masyarakat menganggap bahwa segala informasi dan edukasi bisa didapatkan dimanapun dan kapanpun tanpa harus repot meluangkan waktu menghadiri sebuah forum. Apalagi dengan kesibukan pekerjaan yang memang sulit untuk ditinggalkan, juga menjadi penyebab para calon pengantin tidak bisa hadir dalam kegiatan ini. Untuk mensiasati hal tersebut maka dibuatlah WhatsApp Group untuk memudahkan koordinasi dan disediakan surat resmi dari KUA untuk digunakan sebagai izin kerja. Dengan harapan kehadiran peserta bisa maksimal sesuai dengan yang ditargetkan.

Tidak jarang mereka menganggap bahwa mereka sudah mampu dan memiliki bekal yang cukup guna membina keluarga baru nantinya. Padahal materi dalam kegiatan SUSCATIN ini sangat beragam mulai dari materi keagamaan oleh Kasi Bimas Kemenag Kab Temanggung H. Munsiri, S.Ag beserta Kepala KUA Kec Bulu H. Ashari, S.Ag, dan Kepala KUA Kec Ngadirejo H. Muhammad Ansori, S.Ag. Juga seputar kesehatan reproduksi guna kesehatan calon ibu dan bayi nantinya yang dipaparkan secara gamblang oleh Kepala Puskesmas Kec Kandangan dan PLKB Puskesmas Kec Kandangan.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut