get app
inews
Aa Read Next : BNPT Menggandeng 10 Pondok Pesantren Jateng Sebagai Duta Damai Santri : Salah Satunya dari Salatiga

950 Kg Sudah Siap, Umar Patek Hanya Bisa Pasrah Lakukan Bom Bali Walaupun Menentangnya

Senin, 29 Agustus 2022 | 13:15 WIB
header img
Umar Patek mengaku hanya bisa pasrah melakukan Bom Bali 2022, (Foto : via news.com.au)


Jan Laczynski, yang kehilangan lima teman dalam serangan itu, mengatakan kepada acara Nine's Today bahwa dia mengira video itu bohong ketika dia pertama kali melihat video itu. Berbicara pada Senin (29/8/2022) pagi, dia menggambarkan video Umar Patek yang tertawa dan tersenyum sebagai "mengerikan" dan "tidak dapat dipercaya".

“Itu hanya menakjubkan, tidak percaya. Maksud saya keluarga–mereka pasti bertanya-tanya kapan mereka bangun pagi ini untuk melihat apa yang terjadi. Mereka mungkin tidak percaya apa yang sebenarnya terjadi," kata Laczynski.

Pengumuman bahwa Umar Patek akan dibebaskan datang hanya beberapa minggu sebelum peringatan 20 tahun pengeboman Bali. Laczynski juga menunjukkan bahwa, sampai beberapa hari yang lalu, tidak ada rencana pemerintah Australia untuk mengadakan upacara resmi untuk menandai peringatan serangan itu.

Pada hari Sabtu, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengumumkan pemerintah akan mengadakan upacara peringatan di Gedung Parlemen di Canberra untuk menandai pengeboman 12 Oktober 2022.

“Kami baru saja pada hari Sabtu mendapat secercah harapan untuk mengadakan beberapa upacara peringatan yang terjadi di Bali dan kemudian dua jam kemudian kami mengeluarkan video ini,” kata Laczynski, seperti dikutip news.com.au.

“Orang ini, dia bisa dengan baik dan benar berjalan di jalan-jalan Kuta di Bali pada saat upacara berlangsung. Tidak terbayangkan dia bahkan bisa dibebaskan. ”

Perdana Menteri Anthony Albanese mengatakan dia tidak memiliki apa-apa selain "penghinaan" dan jijik atas tindakan Umar Patek, menambahkan pembebasannya yang lebih awal hanya akan memperbarui kesusahan dan trauma bagi keluarga korban yang berduka.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut