get app
inews
Aa Read Next : 950 Kg Sudah Siap, Umar Patek Hanya Bisa Pasrah Lakukan Bom Bali Walaupun Menentangnya

BNPT Menggandeng 10 Pondok Pesantren Jateng Sebagai Duta Damai Santri : Salah Satunya dari Salatiga

Sabtu, 17 Juni 2023 | 00:05 WIB
header img
Pembentukan Duta Damai Santri dan Duta Damai Dunia Maya Jawa Tengah oleh BNPT.

SALATIGA, iNewsSalatiga - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengadakan pelatihan bagi generasi muda untuk menanggulangi paham terorisme yang kian menyebar di dunia maya. Pelatihan ini bertujuan untuk membentuk duta damai santri Jawa Tengah dan regenerasi duta damai dunia maya Jawa Tengah yang rangkaian acaranya diadakan selama 4 hari, yaitu mulai tanggal 12-15 Juni 2023 di Hotel Novotel Semarang.

Pembentukan duta damai santri Jateng sendiri mengundang 10 pondok pesantren yang ada di Jawa Tengah, salah satunya dari Salatiga yaitu Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah Salatiga dengan dikirimkan setidaknya 6 delegasi per pondok pesantren. Materi pelatihan duta damai santri ini mengenai pengertian dan strategi pencegahan radikalisme terorisme melalui bidang agama, penulisan, seni dalam membuat video konten, DKV, dan IT.

Setelah materi hari kedua selesai disampaikan (13 Juni 2023) maka forum dibentuk menjadi tiga kelompok besar, guna praktik membuat karya yang meliputi tiga divisi DKV, IT, dan kepenulisan. Output karya ini dapat berupa artikel, ilustrasi tulisan, meme, infografis, quote, dan video mengenai tema yang telah ditentukan per kelompok.

Output karya ini yang nantinya akan ditampilkan dan dipresentasikan di hari terakhir (15 Juni 2023) di depan berbagai pejabat yang diundang dan pengasuh dari 10 pondok yang mengikuti pelatihan.

Pelatihan dan pembentukan duta damai ini tidaklah berakhir begitu saja, namun tetap berlanjut setelah acara selesai dan diharapkan dapat memberikan konten yang bermanfaat sehingga menutup konten - konten yang mengandung radikalisme.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut