get app
inews
Aa Read Next : Korea Selatan dan AS Lakukan Latihan Gabungan, Korea Tembakan Dua Rudal Jelajah

Disebut Dapat Sebabkan "Pandemi Lain", Korut Waspadai Virus Baru yang Terdeteksi di China

Rabu, 24 Agustus 2022 | 15:12 WIB
header img
Korut waspadai virus baru di China yang bisa sebabkan pandemi lain, (Foto : Reuters)

PYONGYANG,iNews.id - Terdeteksinya virus baru di China, membuat Korea Utara (Korut) pada Rabu (24/8/2022) menyerukan peningkatan kewaspadaan. Seruan ini muncul hanya beberapa pekan setelah negara itu mengklaim kemenangan atas krisis COVID-19.

Rodong Sinmun, sebuah organ dari Partai Buruh Utara, memuat sebuah artikel yang memperingatkan bahwa virus zoonosis baru yang disebut Langya henipavirus dapat menyebabkan "pandemi lain."

"Beberapa ahli mengatakan virus itu bisa merenggut nyawa seperti virus corona baru jika terinfeksi di antara orang-orang karena virus itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah," sebut laporan Rondong Sinmun, seperti dikutip dari Yonhap.

Virus Langya diketahui telah menginfeksi 35 orang pada tahun lalu sejak pertama kali ditemukan di provinsi Shandong, Tiongkok timur, pada Desember 2018. Pyongyang mengumumkan kasus COVID-19 pertamanya pada 12 Mei setelah mengklaim bebas virus corona selama lebih dari dua tahun.

Sejak mendeklarasikan kemenangan atas virus, ia telah mencabut mandat masker wajah dan mengurangi pembatasan antivirus di seluruh negeri.

Pyongyang juga mengumumkan diakhirinya kebijakan penahanan ketat yang diberlakukan musim semi lalu. Selama pidato pada Kamis (11/8/2022), Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memuji para dokter dan "pejuang kesehatan" lainnya yang bekerja melalui pandemi.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut