get app
inews
Aa
Read Next : SMP RUQ Salatiga Gelar Olimpiade Al-Qur'an dengan Hadiah Puluhan Juta, Buruan Daftar!

Al-Quran Berhasil Ungkap 4 Penemuan Ilmiah, Apa Sajakah itu?

Minggu, 19 Juni 2022 | 09:48 WIB
header img
Ilustrasi, (Foto : Smithsonian Magazine)

JAKARTA,iNews.id - Ilmu pengetahuan semakin maju dengan bantuan teknologi, sehingga membantu para peneliti mengungkap temuan-temuan baru. Penelitian yang dilakukan ilmuwan biasanya untuk menemukan fakta tentang alam semesta

Teknologi tersebut, diciptakan di zaman modern saat ini. Sedangkan, Alquran diturunkan sekira 14 abad yang lalu. Menariknya, Alquran mengungkap banyak fakta-fakta ilmiah yang baru bisa dibuktikan kebenarannya di masa saat ini.
Akun YouTube 'Paling Seru' mengunggah judul video penemuan ilmiah berdasarkan Alquran. Beberapa di antara temuan tersebut seperti fakta mengenai ledakan big bang hingga tanaman yang bertasbih.

1. Ledakan Big Bang

Bukti ilmiah tentang ledakan besar sesuai teori Big Bang dipaparkan oleh NASA. Pada 1989, George Smoot bersama Tim NASA meluncurkan satelit untuk meneliti asal mula alam semesta.

Melalui instrumen sensitif yang disebut COBE (Cosmic Background Emission Explorer), penelitian itu mengungkapkan bahwa terdapat sisa-sisa ledakan besar alam semesta. Dari berbagai fakta ilmiah, akhirnya teori Big Bang mendapatkan persetujuan dunia ilmiah.

Dalam sebuah artikel yang dimuat pada Oktober 2014, Scientific American menuliskan bahwa teori Big Bang adalah satu-satunya teori yang dapat menjelaskan asal mula alam semesta.

Sebelum teori Big Bang dikemukakan ilmuwan, Alquran telah menjelaskan terkait terbentuknya alam semesta.

"Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" isi Surah Al Anbiya Ayat 30.

2. Segala Sesuatu Diciptakan Berpasangan

Ilmuwan Inggris, Paul Dirac dianugerahi hadiah Nobel di bidang fisika melalui temuannya yang disebut Parite. Penemuan itu mengungkapkan bahwa materi diciptakan berpasangan dengan lawan jenisnya.

Fakta ini ia ungkapkan dalam sebuah sumber ilmiah. "Setiap partikel memiliki anti-partikel dengan muatan yang berlawanan dan hubungan ketidakpastian mengatakan kepada kita bahwa penciptaan berpasangan dan pemusnahan berpasangan terjadi di dalam vakum di setiap saat, di setiap tempat," jelasnya.

Sebelum Paul Dirac menemukan fakta ini, Alquran yang diturunkan sekira 14 abad lalu telah menyampaikan hal tersebut. Dalam salah satu ayat Alquran, Allah berfirman bahwa segala sesuatu diciptakan berpasang-pasangan.

"Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh Bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui," bunyi Surah Ya Sin Ayat 36.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
icon news update
Berita Terkini
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut