Jika Puan Ditunjuk Jadi Capres 2024, Pengamat Sebut PDIP akan Menjadi Solid

Adi Mihardi
Puan Maharani disebut akan membuat PDIP solid jika ditunjuk Pilpres 2024, (Foto : SINDOnews)

JAKARTA,iNews.id - Salahsatu kandidat kuat yang diprediksi maju dalam Pilpres 2024 adalah Puan Maharani. PDIP dinilai solid jika pada akhirnya Megawati Soekarnoputi sebagai Ketua Umum PDIP menunjuk Puan maju menjadi capres 2024.

Hal ini dikatakan Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam. Ini berkaitan erat dengan ideologi dan nilai Soekarnoisme yang dipegang teguh oleh PDIP.

Dosen Universitas Paramadina itu menganalisa tidak akan akan penolakan atau dinamika internal jika akhirnya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memutuskan Puan maju menjadi capres. Apalagi sampai ada perlawanan terkait putusan Megawati tersebut.

"Hampir tidak ada dinamika dan perlawanan dan karena karakter kepemimpinan di PDIP itu relatif mirip dengan model pendekatan yang dulu di introduce oleh Bung Karno yaitu mekanisme demokrasi terpimpin," ujar dia dalam keterangannya, Kamis (4/8/2022).

Umam menjelaskan karakter politik PDIP berpegang pada basis trah Soekarno. Ini jadi identitas pembeda dan karakter khas PDIP dibanding partai lain. Hal tersebut membuat PDIP memiliki basis pemilih yang kuat dan loyal.



Editor : Muhamad Andi Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network