Bersama Bawaslu, Pascasarjana HKI IAIN Salatiga Siapkan Keluarga Sadar Politik

Febyarina Alifah Hasna' Nadzifah
Seminar Interdisipliner Program Pascasarjana IAIN Salatiga, Rabu (23/03/2022)/ (Foto: Youtube)

SALATIGA, iNews. id - Program Pascasarjana Hukum Keluarga Islam (HKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga adakan Seminar Interdisipliner bertajuk 'Pendidikan Politik Berbasis Keluarga', Rabu (23/03/2022).

Turut bergabung dalam kegiatan tersebut, Prof. Dr. Phil Widiyanto Direktur Program Pascasarjana IAIN Salatiga, Noor Malihah, S.Pd., M.Hum., Ph.D. Wakil Direktur Program Pascasarjana IAIN Salatiga, Dr. Tri Wahyu Hidayati, M.Ag. Kaprodi S2 HKI IAIN Salatiga, serta dosen dan seluruh pengelola Program Pascasarjana IAIN Salatiga.

Kegiatan yang merupakan kerjasama antara Program Pascasarjana HKI IAIN Salatiga, Bawaslu, dan Peace and Social Justice (CEPASO) IAIN Salatiga ini terselenggara secara daring melalui zoom meeting.  

Pendidikan politik bagi keluarga dipandang sebagai tema yang sangat menarik dan kontekstual untuk menjadi pokok pembahasan di tahun-tahun politis seperti saat ini. Selain itu, pendidikan politik juga merupakan hal yang sangat mendasar bagi warga negara.

Ketua Bawaslu Kota Salatiga, Agung Ari Mursito mengungkapkan persetujuannya, bahwa pendidikan politik bagi keluarga merupakan tema yang sangat menarik.

"Karena keluarga adalah cikal bakal masyarakat yang sadar politik. Bisa dimulai dari pasangan suami istri, anak-anak, dan anggota keluarga lainnya," ungkapnya. 

Oleh sebab itu, ketua Bawaslu Kota Salatiga merasa perlu adanya gerakan pengawasan partisipatif dari keluarga untuk meminimalisir praktik politik uang dan pelanggaran pemilu lainnya.

"Semoga para peserta bisa mengawali membumikan pengawasan partisipatif di lingkungannya," pungkas Ketua Bawaslu Kota Salatiga, Agung Ari Mursito dalam sambutannya via daring, Rabu (23/03/2022). 

Harapannya, kerjasama ini dapat terlaksana secara berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi pengembangan civic engagement atau keterlibatan civic bagi warga negara, juga sebagai pencerahan kepada masyarakat.

Editor : Febyarina Alifah Hasna Nadzifah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network