Sambut Bulan Ramadan, Lakukan 7 Amalan yang Dianjurkan Ini

Kastolani
Muslim dianjurkan melakukan berbagai amalan menjelang Ramadhan 2022 / 1443 H. (Foto: Dok/Freepik)
  1. Menyegerakan Puasa Qadha

Bagi yang masih punya utang Puasa Ramadan pada tahun lalu, sesegera mungkin menggantinya dengan puasa qadha. Di Bulan Syaban ini, merupakan momen terakhir membayar puasa ganti Ramadan.

Siti Aisyah RA juga memperbanyak Qodho Puasa di Bulan Syaban sebagaimana dituangkan dalam hadits.

عَنْ أَبِي سَلَمَةَ قَالَ سَمِعْتُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا تَقُولُ كَانَ يَكُونُ عَلَيَّ الصَّوْمُ مِنْ رَمَضَانَ فَمَا أَسْتَطِيعُ أَنْ أَقْضِيَ إِلَّا فِي شَعْبَانَ قَالَ يَحْيَى الشُّغْلُ مِنْ النَّبِيِّ أَوْ بِالنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Dari [Abu Salamah] berkata; Aku mendengar [‘Aisyah radliallahu ‘anha] berkata: “Aku berhutang puasa Ramadan dan aku tidak bisa mengqadha’nya kecuali pada bulan Sya’ban“. Yahya berkata: “Karena dia sibuk karena atau bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam “. (Bukhari 1814).

  1. Niat Kuat Puasa Ramadan

Muslim harus memiliki tekad untuk lebih baik menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan tahun ini. Sebab, bisa saja Ramadan tahun ini merupakan puasa terakhir karena tidak ada yang tahu kapan ajal menjemput.

Karena itu, di bulan Ramadan kali ini, dengan persiapan dan perencanaan yang baik tentunya, aktivitas Ramadan tahun ini harus menjadi lebih maksimal.

  1. Penuh Suka Cita

Suka cita menyambut Ramadan juga merupakan salah satu tanda keimanan. Ibarat tamu, Ramadan senantiasa dinanti. Dalam hadits Nabi SAW disebutkan:

“Barang siapa yang bergembira akan hadirnya bulan Ramadan, maka jasadnya tidak akan tersentuh sedikit pun oleh api neraka.” (HR. an-Nasa’i)

Rais Syuriah PBNU Dr KH Zakky Mubarak mengatakan, selama bulan Ramadan sebagai bulan yang agung dan luhur, seorang Muslim senantiasa meningkatkan amal dan ibadahnya dengan penuh suka cita. Dan para Malaikat senantiasa berseru:

 يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ هَلُمَّ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ

“Wahai orang-orang yang menghendaki kebajikan, bergembiralah dan wahai orang-orang yang menghendaki keburukan tahanlah dirimu”. (Hadis Shahih, Riwayat al-Nasa`i: 2080 dan Ahmad: 18042, dengan redaksi hadis dari al-Nasa’i)

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network