Banjir Bandang Robohkan 5 Rumah di Brebes, Warga Rugi Ratusan Juta

Yunibar
Petugas BPBD Brebes mengevakuasi warga yang terjebak banjir bandang di Kecamatan Tonjong, Rabu (16/3/2022). (Foto: Dok/iNews TV/Yunibar)

BREBES, iNews.id - Banjir bandang kembali melanda wilayah selatan Kabupaten Brebes, Rabu (16/3/2022) sore. Banjir bandang akibat hujan deras dan meluapnya Sungai Prupuk itu mengakibatkan delapan rumah warga rusak, lima diantaranya hanyut terbawa arus banjir.

Selain merusak delapan rumah warga, sedikitnya delapan sepeda motor warga juga hanyut terbawa banjir bandang. Puluhan warga juga harus mengungsi ke tempat aman lantaran rumahnya rusak parah.

Detik-detik terjadinya banjir bandang akibat meluapnya Sungai Prupuk di Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Brebes itu terekam video amatir warga. Tampak sejumlah warga panik dan menangis histeris melihat sejumlah rumah roboh dan hanyut terbawa banjir bandang.


Rumah warga di bantaran Sungai Prupuk, Desa Kutamendala, Tonjong roboh diterjang banjir bandang, Rabu (16/3/2022). (Foto: iNews TV/Yunibar)

Tidak ada korban jiwa karena penghuni rumah telah menyelamatkan diri saat banjir bandang menerjang. Namun, warga mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

Banjir bandang terjadi setelah wilayah selatan Brebes diguyur hujan deras sejak Rabu siang. Sejumlah petugas BPPD dan Satpol PP Kecamatan Tonjong kemudian mengevakuasi puluhan warga yang terdampak ke tempat aman.

Kepala Desa Kutamendala, Fathuri mengatakan, banjir bandang di aliran Sungai Prupuk mengakibatkan delapan rumah warga di bantaran sungai rusak, lima di antaranya roboh dan hayut diterjang banjir.

“Ada delapan rumah yang rusak, lima di antaranya hanyut. Untuk sementara, puluhan warga korban banjir ditampung di madrasah,” katanya.

Satgas BPBD Brebesm Budi Sujatmiko mengatakan, petugas BPBD Brebes kini tengah melakukan penanganan darurat di lokasi pengungsian dan membersihkan jalan desa yang dipenuhi puing-puing bangunan.

Hingga Rabu malam, banjir bandang telah berangsur surut. Warga korban banjir kini membutuhkan bantuan di lokasi pengungsian terutama untuk anak dan balita.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network