get app
inews
Aa Read Next : 45 Orang Tewas dalam Penggerebekan Geng Narkoba di Brazil

Diguyur Hujan Deras, Wilayah Selatan Brasil Dilanda Banjir Besar

Senin, 06 Mei 2024 | 11:10 WIB
header img
Banjir dahsyat yang menerjang ratusan kota di Rio Grande do Sul, Brasil, telah menewaskan 78 orang

BRASILIA, iNewsSalatiga.id - Hujan lebat yng mengguyur wilayah selatan Brasil sejak senin pekan lalu menyebabkan banjir di 263 kota di Rio Grande do Sul, Brasil. Hingga hari ini tercatat sejumlah 78 orang tewas dan lebih dari 100 orang dinyatakan menghilang. Hujan badai yang sejak senin lalu terjadi, menyebabkan kerusakan di dua per tiga dari hampir 500 kota besar maupun kecil di wilayah Rio Grande do Sul.

Gubernur Rio Grande do Sul, Eduardo Leite, menyatakan bahwa wilayah yang dipimpinnya mengalami kerusakan yang sangat parah. Dia bahkan membandingkannya dengan kehancuran yang terjadi selama Perang Dunia II.

Selain menghancurkan daerah perkotaan banjir juga menghancurkan jalan dan jembatan dibeberapa kota. Hujan juga memicu tanah longsor dan runtuhnya bebrapa bendungan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) kecil. Danau Guaiba di Porto Alegre meluap hingga mencapai ketinggian lebih dari 2 meter. Bandara internasional Porto Alegre juga telah menghentikan semua penerbangan sejak Jumat akibat dari banjir ini.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva melakukan kunjungan ke Rio Grande do Sul pada hari Minggu, didampingi oleh sebagian besar anggota kabinetnya. Dia menekankan kepada para menterinya untuk melakukan upaya penyelamatan dan rekonstruksi kota-kota yang rusak parah.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut