Perang Rusia - Ukraina Pecah, Taiwan Khawatirkan Serangan China

Susi Susanti
Rakyat Taiwan protes atas serangan Rusia terhadap Ukraina,(Foto/The Guardian)

TAIWAN ,iNews.id- Serangan Rusia terhadap Ukraina menimbulkan kekhawatiran bagi Negara Taiwan. Sebagai titik potensial pemicu perang multinegara Taiwan khawatir adanya gelombang kejut dari China.

Minggu ini rakyat Taiwan telah menyaksikan ketakutan mereka saat melihat perang di Eropa timur, ketika pasukan Rusia – yang diperintahkan oleh sekutu Xi, Vladimir Putin – menyerang pada dini hari Kamis (24/2).
Mereka khawatir ancaman invasi China yang dipimpin Presiden Xi Jinping akan terjadi karena Taiwan dianggap sebagai wilayah yang harus menyatu dengan China.

Hal ini didukung jajak pendapat baru-baru ini yang cenderung mendukung kekhawatiran itu. Sebuah survei yang dilakukan sesaat sebelum invasi menunjukkan lebih dari separuh responden tidak takut perang atas Ukraina, dan 63% tidak berpikir Xi akan menggunakan gangguan itu untuk invasi ke Taiwan.

Invasi tersebut memicu solidaritas dari Taiwan. Pemerintah menyatakan berdiri dengan Ukraina, dan mengumumkan sanksi ekonomi yang tidak ditentukan terhadap Rusia.
“Prinsip penentuan nasib sendiri tidak dapat dihapus dengan kekerasan,” kata Wakil Presiden Taiwan, Lai Ching-te. Invasi itu juga memicu rasa takut.

Ada spekulasi tentang apakah Beijing mungkin menggunakan krisis ini untuk bergerak menyerang ketika dunia fokus pada Ukraina. “China mungkin berpikir untuk menggunakan aksi militer terhadap Taiwan setiap saat,” kata menteri luar negeri Taiwan, Joseph Wu, awal bulan ini. Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, memperingatkan "kejutan akan bergema di seluruh dunia" jika Ukraina terancam, khususnya mengutip Taiwan.

Pada Kamis (24/2), Beijing mengirim sembilan pesawat tempur ke zona pertahanan udara Taiwan – serangan mendadak yang sedikit lebih besar dari rata-rata di antara serangan hampir setiap hari dalam dua tahun terakhir. Pada Rabu (23/3), Presiden Tsai Ing-wen memerintahkan militer dan aparat keamanan nasional Taiwan untuk meningkatkan pertahanan, pengawasan, dan sistem peringatan dini, dan untuk memperkuat tanggapannya yang sudah canggih terhadap perang kognitif.

Analis dan pengamat China mengatakan tidak mungkin serangan akan segera terjadi. Tahun ini sensitif secara politik bagi Xi dengan kongres kepemimpinan sekali dalam lima tahun, dan Taiwan lebih mudah dipertahankan daripada Ukraina dan lebih penting – secara strategis dan ekonomi – bagi kekuatan dunia seperti Amerika Serikat (AS).
“Kepemimpinan Tiongkok terus menekankan bahwa waktu ada di pihak Tiongkok untuk [penyatuan] lintas selat, bahwa tren menguntungkan Tiongkok,” kata ilmuwan Brookings Institute tentang Tiongkok dan Asia, Ryan Hass.

“Itu alibi untuk mempertahankan status quo sepanjang tahun yang penuh gejolak,” lanjutnya.

“Volatilitas internasional memaksa negara-negara untuk berbicara lebih jelas tentang pentingnya mereka melekatkan pada keamanan Taiwan,” katanya.

“Sampai batas tertentu, peristiwa menyediakan sedikit katalis untuk koordinasi,” terangnya.

Tetapi J Michael Cole, seorang ahli China yang berbasis di Taiwan, memperingatkan ada bahaya dalam mengasumsikan para pemimpin otokratis seperti Putin dan Xi membuat keputusan secara rasional.

“Hal yang tak terbayangkan adalah mungkin, bahkan jika, dari sudut pandang kami, mengambil tindakan, dalam hal ini meluncurkan perang pilihan meskipun ada ancaman sanksi besar, tampaknya tidak rasional,” terangnya.

Cole mengatakan krisis dapat membuat ancaman perang menjadi kurang abstrak bagi publik Taiwan, dan pemerintah harus menggunakannya untuk mendorong pasukan cadangan yang layak dan untuk mendorong warga untuk mungkin mendedikasikan beberapa minggu/bulan dari waktu mereka untuk mempelajari keterampilan yang akan berguna di saat darurat.
Di Taiwan perasaan campur aduk. Krisis telah menimbulkan pertanyaan tentang kesiapan Taiwan dan komitmen teman-temannya. Ancaman invasi telah membayangi selama beberapa dekade, tetapi ketika saatnya tiba, Taiwan akan membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup, sehingga orang-orang mengamati dengan cermat bagaimana komunitas internasional menanggapi Ukraina.

Di tengah hiruk pikuk pasar pagi Taipei, para wanita mondar-mandir dari kios ke kios, mengisi tas troli mereka dengan hasil bumi, sementara para penjual saling berteriak melintasi jalan.

Bebe, seorang penjual buah dan sayur, sedang menurunkan sekantong kubis dari truk biru ke sepedanya. Ini adalah hari yang sibuk sebelum akhir pekan yang panjang, tetapi Ukraina ada di pikirannya.

“Saya sangat prihatin,” katanya dari balik topi jerami lebar dan masker wajah berbendera Taiwan, AS, Lithuania, dan Jepang, dengan pesan: “Terima kasih teman-teman.”

“Saya tidak tahu apakah AS cukup kuat untuk membantu melindungi Ukraina, jadi tentu saja saya khawatir tentang Taiwan,” ujarnya.

Bebe percaya semua diserahkan ke Taiwan untuk membela diri. “Jangan bergantung pada negara lain,” katanya. Dia menempatkan keyakinannya pada “presiden yang kuat” dan keinginan rakyat “untuk melindungi negara kita”.
“Taiwan bukan Tiongkok. Sama sekali tidak. Itu sangat penting,” tegasnya.

Lannie, seorang siswa berusia 20 tahun, mengatakan bahwa dia khawatir China tampaknya membantu Rusia, dan itu bisa berarti Rusia membantu China di kemudian hari.

“Saya tidak berpikir kita akan berperang hari ini, tetapi sekarang saya melihat semua yang terjadi, saya sedikit khawatir,” ujarnya.

Beberapa analis mengatakan momen ini adalah ujian khusus bagi AS.

“Jika AS dianggap bimbang atau tidak koheren atau acuh tak acuh terhadap kekhawatiran Eropa Barat tentang Rusia, maka itu dapat mengurangi niat dan kesediaan Eropa Barat untuk membantu AS di teater Indo-Pasifik juga,” kata Wen-ti Sung, seorang ilmuwan politik di Australian National University.

Beberapa analis berpendapat bahwa minggu ini adalah peringatan bagi semua pemerintah barat yang kuat dalam retorika tentang Taiwan tetapi belum benar-benar harus bertindak.

Di media sosial (medsos), banyak warganet Taiwan khawatir pemerintah tersebut telah menunjukkan seberapa jauh mereka bersedia, dan itu tidak cukup.
“Saya hanya berharap Presiden akan memperkuat pertahanan nasional Taiwan,” tulis satu orang di halaman Facebook Tsai.

“Saya hanya berharap presiden akan memperkuat pertahanan nasional Taiwan,” tulis satu orang di halaman Facebook Tsai.

“[Di Ukraina] banyak negara besar tidak melakukan apa pun kecuali memberi sanksi dan berdoa! Negara-negara ini tidak dapat diandalkan,” tulisnya.

Militer Taiwan disebut-sebut bukan tandingan China meskipun ada miliaran dolar pembelian senjata dari AS. Program pelatihan perang kota sipil, mirip dengan yang difilmkan oleh orang-orang Ukraina berlatih minggu ini, masih dalam mode percontohan.

Di pantai timur laut Taiwan di Yilan, seorang pemilik restoran Ukraina, Sergei Balagov, mengawasi rumahnya dari jauh. Keluarga Balagov masih ada di sana: seorang keponakan berada di Kharkiv, salah satu kota pertama yang menjadi sasaran, seorang paman dan bibi di tempat lain di Ukraina. Kakaknya ada di Rusia.

“Orang-orang siap untuk bertemu dengan penjajah,” katanya hanya beberapa jam sebelum rudal Rusia menghantam Ukraina. Dia takut orang Taiwan tidak.
“Perasaan saya situasi akan berubah drastis dalam pikiran mereka jika ada penjajah yang menginjak negara mereka dan mencoba memaksakan kehendak mereka,” ujarnya.

“Tapi mereka harus lebih bisa bertarung. Saat ini mereka cukup santai,” lanjutnya.

Editor : Muhammad Andi Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network