5 Juta Pengungsi Eksodus Besar-besaran dari Ukraina

Susi Susanti
Sekitar 5 juta pengungsi eksodus besar-besaran imbas Rusia menginvasi militer ke Ukraina. (Foto: Reuters)

UKRAINA,iNews.id - Sekitar 5 juta pengungsi eksodus besar-besaran imbas Rusia menginvasi militer ke Ukraina. Puluhan ribu orang putus asa mencari perlindungan di negara-negara tetangga.

Menurut Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Setidaknya 100.000 warga Ukraina diperkirakan telah diusir dari rumah mereka oleh konflik sejauh ini, dengan puluhan ribu – jumlah pastinya masih belum jelas – telah melarikan diri melintasi perbatasan ke negara-negara seperti Moldova, Polandia , Rumania dan Slovakia.

Negara-negara Eropa mengatakan siap menyambut orang Ukraina yang melarikan diri dari serangan Rusia, tetapi itu mungkin membuktikan tantangan yang berat. Shabia Mantoo, juru bicara global untuk Badan Pengungsi PBB, mengatakan kepada VICE World News pada Jumat (25/2) bahwa organisasinya memproyeksikan bahwa jika situasinya semakin meningkat, itu dapat menciptakan hingga 5 juta pengungsi.

Perkiraan dari UNICEF, Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa, bahkan lebih tinggi, memproyeksikan konflik dapat menciptakan hingga lima juta pengungsi – sejalan dengan peringatan dari duta besar AS untuk PBB awal pekan ini.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network